3 Ikon Kuliner Indonesia Terpopuler

Dengan memiliki 34 provinsi, Indonesia berhasil menciptakan keragaman budaya dan kuliner khasnya sendiri. Bayangkan saja, dari setiap provinsi mampu memiliki lebih dari satu makanan khas Indonesia, jadi bisa Anda simpulkan sendiri berapa banyak kuliner Indonesia yang bisa Anda cicipi. Dari sekian puluh, bahkan ratus makanan, Indonesia memiliki ikon kuliner yang dapat menggambarkan makanan khas setiap daerah secara keseluruhan. Berikut informasinya khusus untuk Anda.

Ayam Panggang Bumbu Rujak

Jika tinggal di sekitar Jawa Timur, mungkin Anda tidak akan asing lagi dengan makanan ini. Ayam Panggang Bumbu Rujak memang berasal dari tanah Jawa Timur dan menjadi ikon kuliner daerah ini. Kudapan manis, asam, dan pedas di lidah ini paling nikmat disantap bersama dengan nasi hangat dan tumis kangkung. Untuk menikmati kelezata masakan ini, Anda pun bisa membuatnya sendiri di rumah dengan mudah. Di jamin, keluarga Anda akan suka dengan kuliner lezat ini.

Gado-Gado Jakarta

Belum lengkap rasanya jika Anda belum mencicipi gado-gado saat sedang berada di Jakarta. Makanan ini seperti menjadi kudapan sehari-hari yang bisa Anda beli di mana saja, mulai dari pedagang kaki lima, rumah makan, hingga restoran mewah khas Betawi pasti menyajikan ikon kuliner Jakarta yang satu ini. Bahkan, makanan sehat ini memiliki julukan unik, yaitu Salad ala Betawi, karena bahan-bahannya menggunakan sayuran, tahu, tempe, kentang, dan disiram dengan kuah kacang. Tentu saja ini menjadi makanan yang menyehatkan, bahkan bila Anda sedang dalam program diet.

Nasi Goreng Kampung

Apa Anda termasuk pecinta menu yang terbuat dari olahan nasi? Jika iya, maka Anda harus mencicipi satu varian kudapan lezat ini,  yaitu Nasi Goreng Kampung. Sebenarnya, ikon kuliner ini merupakan olahan nasi yang ditambah dengan kecap manis, suwiran ayam, dan dimasak bersama dengan cara digoreng.. Alasan yang membuat makanan ini di tambahkan nama “kampung” karena dijual di pinggir jalan ataupun di tukang nasi goreng yang biasa lewat di jalanan rumah Anda. Bila Anda sangat menginginkan ikon kuliner yang satu ini, mungkin bisa membuatnya sendiri di rumah. Selain bahan-bahannya mudah ditemukan, cara memasaknya pun sederhana, lho.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *