3 Kampanye Sosial Online Yang Bisa Menjadi Inspirasi Anda

Perkembangan teknologi yang begitu pesat membuat beberapa kebiasaan manusia ikut berubah, salah satunya ialah saat menjalankan kampanye sosial. Saat ini, banyak orang yang mulai menjalankan aktivitas ini dalam bentuk online, jadi tidak lagi perlu demo dan turun ke jalan. Aksi online ini bisa dibilang baru untuk masyarakat Indonesia, namun karena mudah untuk dilakukan, masyarakat lebih cepat menerima transformasi ini.

entunya Anda pernah melihat orang-orang yang mengajak mengisi petisi online di salah satu situs petisi gratis, bukan? Itu merupakan salah satu contoh dari kegiatan sosial secara online. Di artikel berikut ini, Anda akan mendapat informasi organisasi apa saja yang melakukan kampanye sosial secara online melalui situs mereka. Yuk, simak!

Earth Hour Indonesia

Pernahkah mendengar ajakan untuk memadam listrik selama 60 menit? Nah, kampanye sosial ini digagas oleh Earth Hour Indonesia. Orgaisasi ini mengampanyekan kepada masyarakat seluruh dunia mengenai komitmen untuk melakukan gaya hidup hemat energi dengan mematikan lampu atau elektorik dalam waktu satu jam. Kegiatan ini sudah dilakukan selama 8 tahun di Indonesia yang belangsung sejak pukul 20.30 s.d 21.30 waktu setempat.

Tujuan dari kampanye sosial ini ialah untuk menghemat energi bumi yang tidak bisa diperbaharui, karena sebagan tenaga pembangkit listrik masih menggunakan batu bara dan mineral bumi lainnya. Lagi pula, dengan menghemat energi sejenak tidak ada ruginya, kan?

Indonesia Mengajar

Meski Indonesia termasuk negara berkembang yang membutuhkan banyak kaum muda berpendidikan untuk membangun negeri ini, nyatanya masih banyak anak-anak yang belum menyentuh bangku Pendidikan dan mendapat pembelajaran. Dari situasi inilah Indonesia Mengajar terbentuk. Organisasi yang memiliki misi memberikan Pendidikan hingga ke wilayah terpencil dengan cara mengirimkan para anak muda Indonesia dengan lulusan terbaik untuk mengajar di desa-desa yang belum terjamah. Kampanye sosial ini nyatanya tidak sia-sia, Indonesia Mengajar berhasil memberikan Pendidikan kepada anak-anak di desa dan mencerdaskan mereka sesuai dengan janji kemerdekaan Indonesia.

Indonesia Berkebun

Memanfaatkan power dari sosial media seperti Twitter, Facebook, dan YouTube, Indonesia Berkebun berhasil mengajak orang lain untuk ikut berpartisipasi dari kampanye sosial yang mereka lakukan. organisasi ini memiliki tujuan untuk menyebarkan semangat positif kepada masyarakat untuk lebih peduli kepada lingkungan dan perkotaan dengan melakukan urban farming, yaitu kegiatan berkebun yang memanfaatkan lahan tidur perkotaan.

Selain akan memberikan keutungan dari hasil berkebun, aksi ini membantu mengurangi pemanasan global yang sedang terjadi saat ini. Dengan begitu, kampanye sosial ini berhasil menyelesaikan dua masalah sekaligus yaitu memberantas pemanasan global dan menciptakan lahan hijau sebagai tempat penyerapan air.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *