3 Makanan Asal Papua Yang Perlu Anda Ketahui

Papua merupakan pulau paling timur di Indonesia. Meski menjadi pulau paling jauh, Papua memiliki keesksotikan dan daya tarinya tersendiri, mulai dari budaya, hingga pemandangan alamnya yang super indah, salah satunya Raja Ampat yang menjadi destinasi wisata populer saat ini. Lokasinya yang jauh dari pusat pemerintahan, membuat beragam kekayaan pulau ini tidak sepopuler daerah lain, salah satunya dalam hal kuliner. Dari sekian banyak makanan asal Papua, mungkin papeda adalah makanan yang paling populer. Padahal, masih banyak makanan yang sangat lezat dan wajib untuk dicoba. Inilah daftar makanan asal Papua yang harus Anda coba!

Kue lontar

Sebagian orang mungkin mengenal lontar sebagai nama buah yang biasanya dijual oleh pedagang gerobak. Namun, kue lontar yang dimaksud di sini sama sekali tidak mengandung buah tersebut. Salah satu makanan asal Papua ini memiliki bentuk yang mirip dengan pie susu Bali atau cheese tart yang sedang digandrungi saat ini. Bedanya, kue ini hanya terbuat dari olahan susu dan gula. Jadi, sebelum kue kekinian seperti tart itu populer, pulau asal Cendrawasih ini telah membuatnya lebih dulu.

Ikan bakar manokwari

Manokwari adalah ibu kota provinsi Papua Barat, yang terletak di pantau utara daerah kepala bruung pulau Papua. Daerah ini memiliki makanan kahs yang lezat dan wajib dicicipi, yakni ikan bakar Manokwari. Menu ini bisa Anda temukan di warung-warung atau rumah makan yang berada di pinggir jalan Papua. Makanan asal Papua ini memiliki cita rasa yang pedas khas sambal pulau Cendrawasih. Kudapan ini paling nikmat disantap dnegan nasih putih hangat dan juga sepiring sambal. Ingin mencobanya?

Sarang semut

Seperti namanya, makanan asal Papua ini memang mirip sekali dengan sarang semut yang berongga seperti terowongan. Meski seperti sarang semut, kudapan ini tidak benar-bernar terbuat dari sarang binatang berkoloni ini. Makanan unik ini teruat dari sebuah tanaman yang ada di sekitar tanah Papua. Bahkan, makanan ini dipercaya memiliki kandungan yang menyehatkan dan mampu megobati beberapa penyakit, salah satunya ialah mengikis sel kanker dan tumor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *