3 Masakan Bali Paling Populer dan Wajib di Coba

Bali menjadi salah satu denstinasi populer, khususnya di Asia Tenggara. Bahkan, banyak warga negara lain yang hobi sekali menyambangi pulau Dewata ini. Bukan hanya keindahan alamnya saja yang mampu menarik para wisatawan lokal maupun luar negeri, masakan Bali pun sukses menjadi daya pikat para wisatawan. ­Bagi para pecinta kuliner, mungkin saat berlibur ke sini Anda bisa mencicipi beragam kudapan khas Bali yang super lezat dan sangat menggoda. Dari sekian banyak makanan yang Anda, berikut beberapa masakan Bali yang harus Anda cicipi.

Ayam betutu

Seperti ajaran agama Hindu pada umumnya, warga lokal Bali yang menganut kepercayaan ini memilih untuk tidak memakan segala macam olahan daging sapi. Oleh sebab itu, makanan berbahan dasar ayam sangat populer di pulau ini. Salah satu olahan masakan Bali yang paling populer ialah ayam betutu. Olahan ayam yang pedas ini membuat setiap orang yang menikmatinya ketagihan untuk mengonsumsinya kembali. Selain rasanya yang super lezat, ayam betutu memiliki proses masak yang unik yaitu dengan memasukan bumbu ke dalam perut ayam kampung. Selanjutnya, ayam dipanggang hingga 24 jam setelah dibungkus daun pisang. Proses masak yang cukup panjang ini membuat rasanya menjadi sangat gurih, lembut, sekaligus pedas.

Sate lilit

Umumnya, untuk membuat sate, maka daging harus ditusuk lalu di bakar. Namun, berbeda dengan sate dari Bali, yaitu sate lilit. Seperti namanya, sate ini dibuat dengan cara dililit ke batang daun serai atau tangkai bambu. Tetapi, daging akan dicincang halus terlebih dahulu dan dicampur dengan ramuan bumbu khas Bali. Daging yang biasanya digunakan untuk membuat sate ini adalah daging ayam, babi, atau ikan. Masakan Bali ini memiliki rasa yang empuk sekaligus gurih. Tidak hanya itu, karena menggunakan batang serai, maka Anda akan mencium bau wangi yang sangat sedap ketika dihidangkan.

Nasi campur Bali

Nah, satu lagi masakan Bali yang paling populer selanjutnya, nasi campur Bali. Bahkan, karena kepopulerannya, masakan ini mulai dipasarkan diluar pulau Bali, khususnya di kota-kota besar Indonesia. di dalam satu piring nasi campur ini, Anda bisa menikmati seluruh makan khas pulau Dewata, karena isinya tidak lain adalah sate lilit, suwiran sayam sisit, urap, lawar ayam, hingga sambal matah. Bahkan, Anda bisa menambahkan ayam betutu sebagai lauknya. Bila Anda yang ingin mencicipi bragam masakan Bali, mungkin Anda bisa memulainya dengan mencicipi nasi campur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *