4 Alasan Mengapa Harus Memulai Bisnis Sendiri

Hingga saat ini, banyak orang yang ragu untuk membangun sebuah bisnis. Alasan pertama adalah kendala modal yang cukup menguras tabungan. Kedua adalah Anda merasa tidak memiliki passion untuk berbisnis. Di tambah lagi alasan ‘tidak memiliki waktu’ untuk mengurus bisnis. Stop overthink!

Faktanya, dua kendala tersebut bisa dituntaskan dengan cepat jika memang Anda berniat dan serius untuk memulai bisnis. Selain itu, ketiga hal di atas tidak sebanding dengan keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika memulai bisnis sendiri. Berikut beberapa alasan lain yang bisa menginspirasi Anda untuk berbisnis.

1. Wujudkan Mimpi Menjadi Bos

Siapa yang tidak mau menduduki posisi tertinggi dalam sebuah perusahaan, alis bos? Nah, dengan memulai bisnis, otomatis Anda akan menduduki posisi ini. Saat menjadi bos, Anda bisa mengawasi dan mengambil keputusan berbisnis sesuai dengan keinginan Anda. Mulai dari produk yang ingin djual, bentuk kemasan, cara promosi, hingga jam kerja pun bisa Anda tentu sendiri. Tetapi, bukan berarti bisa semena-mena dan tidak sesuai dengan anturan, lho.

            Akan tetapi, Anda perlu mengetahui satu hal penting yaitu ketika menduduki posisi ini, Anda akan mendapat tanggung jawab besar karena masa depan karyawan dan bisnis ada di tangan Anda. Jadi, posisi tertinggi, maka memiliki tanggung jawab yang tinggi. Kapan lagi Anda memulai bisnis dan menjadi bos jika bukan sekarang?

2. Membuka Lapangan Pekerjaan Baru

Anda tahu betapa susahnya mencari lapangan pekerjaan, khususnya di ibukota? Hal ini menyebabkan angka pengangguran terus meningkat meningkat. Untuk itu, bantu Indonesia menurunkan angka pengangguran dengan memulai berbisnis. Dengan menghadirkan bisnis baru, otomatis Anda telah menciptakan lapangan pekerjaan baru untuk ratusan bahka rubuan pengangguran di Indonesia. Membantu orang lain sekaligus mendapatkan keuntungan menjadi combo yang hebat, bukan?

3. Pengalaman Berharga

Saat bekerja di kantor orang, Anda akan menimbulkan banyak kendala. Mulai dari kesalahan teknis, human error, bahkan sering mendapat omelan dari atasan. Apa lagi ketika Anda berbisnis? Ketika Anda salah mengambil keputusan, bisnis yang sedang dijalani bisa kacau alih-alih mengalami kebangkrutan. Atau kasus lain adalah salah mempercayai orang lain. Bukannya untung yang didapatkan, seluruh bisnis Anda bisa collapse dalam sesaat.

Nah, dari kesalahan-kesalahan dalam memulai bisnis inilah yang bisa Anda jadikan pengalaman sekaligus pembelajaran di masa depan. Pengalaman adalah pelajaran yang paling berharga. Setuju?

4. Menyalurkan Hobi

Sebutkan hobi Anda saat ini! Apakah menggambar, merajut, atau bahkan memancing? Percaya atau tidak, setiap hobi miliki berpeluang untuk dijadikan ide memulai bisnis. Contohnya saja jika Anda hobi merajut. Barang-barang yang telah berhasil Anda rajut bernilai ekonomis untuk dijual dan memberikan keuntungan. Contoh lainnya adalah jika Anda hobi memancing. Anda bisa mendirikan toko peralatan memancing. Selain mendapat keuntungan dari penjualan, Anda bisa bertemu pemancing lain yang memiliki hobi seperti Anda dan saling bertukar pikiran. Hobi yang di bayar adalah pekerjaan paling menyenangkan.

Keempat poin di atas adalah segelintir keuntungan yang bisa Anda dapatkan saat memulai bisnis sendiri. Banyak nilai positif yang Anda dapatkan dengan membangun kerajaan Anda sendiri. Bebas atur apa pun sesuai keinginan Anda tanpa pusing memikirkan orang lain. Yuk, mulai bisnis Anda sekarang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *