4 Masalah Perekonomian Indonesia Tahun Ini. Bagaimana Cara Mengatasinya?

Meski sudah memperbaiki segala aspek, Indonesia masih harus menghadapi sejumlah tantangan dari berbagai arah, baik dari sisi internal maupun sisi ekternal. Pemerintah pun harus mengatasi masalah perekonomian ini sesegera mungkin agar tidak mempengaruhi laju pertumbuhan ekonomi di masa depan. Meski puluhan, bahkan ratusan masalah yang harus diselesaikan, ada beberapa yang paling penting di atara yang lainnya. Berikut ini empat masalah perekonomian Indonesia di tahun 2017.

1. Jumlah Penduduk Miskin Meningkat

Seperti tidak pernah berhenti, jumlah penduduk miskin Indonesia masih tetap bertahan di angka 28 juta. Meski pertumbuhannya telah melambat, jumlahnya masih tergolong besar untuk diabaika. Angka sebesar ini bisa terjadi karena beberapa faktor seperti meningkatnya angka pengangguran dan meroketnya harga kebutuhan pokok yang sulit untuk dikendalikan.

Untuk mengatasi pengangguran sebagai masalah perekonomian Indonesia, pemerintah dan masyarakat bisa bekerja sama dengan menciptakan lapangan pekerjaan baru, seperti menumbuhkan bisnis start-up dan usaha kecil menengah. Tetapi, untuk pengendalian kebutuhan harga pokok nampaknya pemerintah harus sedikit bekerja keras. Pasalnya hal ini masih sulit untuk dikendalikan.

2. Kesenjangan Sosial

Pernah mendengar perkataan “Yang kaya makin kaya, dan yang miskin semakin miskin”? Jika Anda tinggal diperkotaan, hal tersebut bukan fenomena aneh untuk di saksikan. Terkadang, di belakang komplek perumahan mewah, ada beberapa kampung kumuh yang tidak layak untuk di tinggali. Hal ini pula yang disebut sebagai kesenjangan sosial.

Masalah perekonomian ini sebenarnya bisa dipecahkan dengan cara mengontorl migrasi masyarakat desa ke ibu kota untuk mencari pekerjaan. Pemerintah daerah seharusnya mampu membuka lapangan pekerjaan baru di daerahnya agar penduduk desa tidak perlu ke kota dan menciptakan kesenjangan sosial yang lebih parah.

Bukan cuma itu saja, pemerataan anggaran pembangunan daerah harus dilakukan. Faktanya, kesenjangan sosial bukan hanya orang ke orang, tetapi juga dari daerah ke daerah lainnya. Untuk mengatasi ini, kontrol pemerintah pusat sangat diperlukan agar misi menghapus kesenjangan sosial bisa berhasil.

3. Perubahan Politik Amerika Serikat

2017 diwarnai dengan kontroversi terpilihnya Donald Trump sebagai presiden Amerika Serikat dan menggantikan Obama. Pada kampanyenya, Trump sudah menunjukan rasa tidak bersahabat kepada negara-negara yang ada di Asia. Dengan terpilihnya dia sebagai presiden, kemungkinan akan berdampak buruk terhadap perekonomian Indonesia dan menimbukan masalah perekonomian baru untuk Indonesia.

Dampak buruk yang sudah bisa Anda rasakan saat ini adalah nilai tukar rupiah melemah berbarengan dengan layunya indeks saham di berbagai negara di dunia, tak terkecuali Indonesia. Melihat kenyataan ini, tentunya menambah panjang masalah perekonomian Indonesia, kan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *