4 Usaha Penyumbang Terbesar Keuntungan Negara

Seperti yang Anda ketahui, bisnis-bisnis yang hadir di Indonesia mempengaruhi pertumbuhan ekonomi negara. Semakin besar nilai total produk dan jasa yang diberikan setiap perusahaan lokal maupun asing, maka pendapatan nasional negara akan meningkat. Tentu saja hal ini menjadi keuntungan negara. Dari sekian banyak sektor bisnis yang ada di Indonesia, ada beberapa penyumbang keuntungan negara terbesar dibandingkan lainnya. Simak empat sektor bisnis yang di maksud berikut ini.

1. Bisnis Keuangan dan Asuransi

Tahukah Anda bahwa bisnis keuanga seperti perbankan dan asuransi menjadi bisnis penyumbang terbesar untuk keuntungan negara? Sekarang, hampir semua kegiatan penyimpanan uang, peminjaman uang, dan investasi dilakuka oleh perbankan. Otomatis semakin banyak pula calon konsumen perbankan yang mendorong pertumbuhan bisnis ini. Semakin besar bisnisnya, maka semakin besar pula sumbangan keuntungan untuk negara.

Sama halnya dengan bisnis Asuransi. Berbagai jenis asuransi ditawarkan oleh perusahaan asuransi atau perusahaan perbankan. Mulai dari asuransi kesehatan, asuransi barang, hingga asuransi kecelakanaan. Sama seperti bisnis perbankan, semakin besar bisnisnya, maka akan semakin banyak pemasukan untuk keuntungan negara.

2. Bisnis Makanan dan Minuman

Makan dan minum menjadi kebutuhan pokok manusia. Untuk itu, ketika membuka bisnis makanan dan minuman tentu saja resiko untuk rugi tidak begitu besar. Dua alasan inilah yang menyebabkan banyaknya bisnis makanan dan minuman di Indonesia. Selain itu,keuntungan yang bisa didapatkan dalam berbisnis makanan bisa mencapai 100% dari total modal.

Hasil dari bisnis ini bukan hanya dirasakan manfaatnya oleh pengusaha, namun juga menjadi keuntungan negara. Binis ini akan memberikan total nilai produksi barang yang besar untuk meningkatkan pendapatan nasional negara.

3. Bisnis Penyedia Jasa

Bisnis ketiga yang menjadi penyumbang keuntungan negara terbesar adalah bisnis jasa. Manusia membutuhkan perawatan saat sakit, oleh karena itu rumah sakit hadir di tengah masyarakat. Bukan hanya itu, manusia membutuhkan Pendidikan yang layak demi masa depan yang cemerlang, karena itu dibangun sekolah dan universitas yang layak untuk memenuhi kebutuhan ini.

Melihat penjelasan di atas, Anda bisa mengetahui betapa besarnya permintaan untuk bisnis penyedia jasa. Permintaan yang besar berbanding lurus dengan keuntungan yang didapat. Sehingga, bisnis ini menjadi penyumbang keutungan negara terbesar lainnya.

4. Transportasi

Untuk mendukung mobilitas, masyarakat membutuhkan sesuatu yang mempercepat pergerakan mereka, yaitu sebuah kendaraan. Masyarakat membeli kendaraan untuk mendukung mobilitas mereka. Bagi Anda yang selalu pergi untuk bekerja atau berekolahs setiap hari pasti bisa melihat sendiri, berapa banyak kendaraan motor memenuhi jalanan.

Dengan jumlah sebanyak itu, tentu saja pelaku bisnis transportasi akan meraup keutungan sangat banyak, begitu juga andil mereka untuk keuntungan negara. Jadi, sudah tahu kan dari mana asal keuntungan besar bisnis ini? Cukup lihat kemacetan yang terjadi disetiap sudut kota-kota besar Indonesia, maka Anda akan paham.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *