5 Konsep Usaha Sederhana Untuk Fresh Graduate

Sebagai seorang fresh graduate yang baru lulus dari universitas harus memutar otak untuk menghadapi persaingan dunia kerja. Tidak heran jika beberapa di antaranya lebih memilih untuk membangun bisnisnya sendiri sebagai pilihan pekerjaan mereka. Bagi Anda di sini yang merasakan nasib yang sama, mungkin beberapa konsep usaha sederhana dapat dirintis oleh lulusan baru di sini bisa menjadi inspirasi Anda.

Menjual Pakaian atau Barang Fashion

Berjualan pakaian merupakan ide bisnis yang paling mudah untuk dilakukan. Bila Anda memiliki bakat untuk mendesain atau membuat baju, mungkin Anda bisa mewujudkan semua ide dan kemampuan yang Anda miliki menjadi pakaian jadi yang siap dipakai. Pada awalnnya, Anda bisa mengerjakannya sendiri. Namun untuk pengembangan usaha, sebaiknya Anda juga mencari tenaga penjahit atau vendor yang sesuai dengan bisnis Anda.

Pembuat Konten Media Sosial

Satu lagi konsep usaha sederhana yang dapat Anda lakukan sebagai seorang lulusan baru, yaitu dengan menjadi pembuat konten media sosial. Pasalnya,  keberadaan sosial media saat ini membuat kehidupan kita selama 24 jam seolah tidak pernah berhenti. Orang-orang kreatif seperti penulis atau desain grafis dapat mengeksplor bakat mereka untuk menghasilkan konten yang berkualitas tinggi, baik untuk kepentingan bisnis maupun media. Dari sinilah muncul sebuah ide pemasaran baru yang dinamakan dengan content marketing.

Membangun Event Organizer

Aktif berorganisasi dan sering ikut dalam acara kegiatan kampus bisa jadi bekal anda dalam membuka sebuah konsep usaha sederhana baru, yaitu event organizer. Bila Anda suka sekali dengan kegiatan mengatur dan tidak tertekan dengan deadline, maka bisnis ini sangat cocok untuk Anda. Banyak hal yang bisa dilakukan ketika membangun usaha ini, seperti sponsor dan menangani berbagai hal teknis lainnya.

Membuat Kerajinan Tangan

Selain bisnis pakaian, bisnis kerajinan tangan bisa menjadi salah satu konsep usaha sederhana yang tidak membutuhkan modal dalam jumlah besar. Banyak contoh kerajinan yang dapat Anda buat sendiri di rumah, seperti vas bunga, kerangjang, dompet, bahkan hingga sofa sekalipun. Setelah berhasil membuatnya, Anda bisa memasarkan produk melalui media sosial yang Anda miliki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *