5 Kuliner Asli Indonesia Ini Unik Banget

kuliner asli indonesiaBukan hanya kebudayaan dari setiap daerah yang dikenal oleh masyarakat Indonesia, tetapi kuliner yang lezat menjadi sebuah kebanggaan tersendiri. Beberapa kuliner asli Indonesia ini mungkin akan terlihat aneh tetapi cicipi dulu rasa yang hasilkan karena bisa jadi Anda ketagihan. Apakah Anda tertarik mencobanya? Yuk, simak di sini.

1. Gulai Siput/ Gulai Cipuik

Walaupun sebagian orang menilai siput sebagai hama, ternyata memiliki keunikan yaitu bisa menjadi sebuah kuliner yang sangat lezat. Dikenal dengan Gulai cipuik dari Riau, masyarakat bisa mengolah siput menjadi makanan asli daerah tersebut. Mungkin di daerah lain terkenal dengan nama tutut. Dengan rasa yang pas di lidah makanan ini sangat tepat dinikmati saat masih hangat dengan nasi.

2. Oseng-oseng Belalang

Di daerah lain terkenal dengan sate belalang yaitu belalang yang digoreng. Tetapi ada jenis lain yang tidak kalah enak yaitu oseng-oseng belalang biasa disebut walang goreng dengan sambal pedas. Bentuk belalang yang cukup besar berukuran telunjuk jari orang dewasa yang sudah dibersihkan. Belalang kemudian digoreng dengan minyak dan api sedang. Rasanya hampir mirip dengan udang goreng bedanya hanya rasa bintang ini lebih garing.

3. Ampiang Dadiah

Terbuat dari susu kerbau yang sudah dicampurkan dengan perasan jeruk nipis, makanan ini seperti yoghurt. Melalui proses fermentasi di dalam sebuah bambu yang ditutupi daun pisang. Bagi masyarakat Minangkabau, makanan ampiang dadiah sangat enak sebgai pengganti sambal atau lauk. Ada juga yang memakannya dengan potongan cabe muda sebagai cemilan ringan dikala santai. Dadiah disajikan dengan mencampurkan embing beras ketan merah yang sudah dipipihkan dan ditambah santan dan cairan gula merah. Seiring berkembangkanya zaman menu ini dijadikan sebagai sarapan dan sudah memiliki varian rasa yaitu jagung, stoberi, vanila, coklat, kelapa dan bisa juga semua rasa dimix.

4. Kawok

Sudah pernah mendengar dan mengonsumsi kuliner asli Indonesia ini? Berasal dari Manado, Anda bisa menemukan makanan bernama kawok. Bahan dasasrnya adalah daging tikus, tetapi jangan khawatir karena menggunakan tikus hutan. Tikus hutan tentu berbeda dengan jenis tikut yang ada di rumah Anda. Memiliki ciri fisik berbeda yaitu warna bulu lebih cerah dan bagian ujung ekor berwarna putih. Tikus ini aman dikonsumsi karena spesies mereka hanya makan tumbuh-tumbuhan yang berada di hutan. Pendistributor tikus akan memastikan keaslian tikus dengan bagian ekor yang utuh karena warna tersebut menjadi ciri khas tikus hutan. Memiliki tekstur seperti daging kalkun menu kawok biasanya dibuat rica-rica maupun sekedar dipanggang. Tertarik mencobanya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *