Bagimana Cara Memajukan Ekonomi Pedesaan?

Pemerataan pembangunan masih menjadi masalah bangsa Indonesia yang masih berusaha untuk diselesaikan hingga saat ini. Ketidakmerataan ini menyebabkan keadaan ekonomi pedesaan yang berada di wilayah terpencil masih tertinggal jauh dari daerah yang sudah terjamah oleh pemerintah. hal-hal seperti ini lah yang membuat beberapa daerah merasa bahwa pemerintah tidak berpihak kepada mereka. Di sisi lain, pemerintah harus bergerak cepat untuk menyelesaikan kesenjangan ini.

Lalu, bagimana cara memajukan ekonomi pedesaan terpencil ini? Simak beberapa cara yang bisa di tempuh di artikel beriku ini.

Pembangunan infrastruktur

Sebuah pedesaan tidak terjangkau oleh orang lain atau pemerintah karena tidak ada jalan layak untuk menyambungkan pemerintah ke sana. Untuk itu, hal pertama yang perlu dilakukan untuk membangun ekonomi pedesaan ialah membangun infrastruktur yang layak. Dengan begitu, pemerintah dan para relawan akan lebih mudah menggapai pedesaan tertinggal ini. Infrastruktur yang mendukung akan membuatnya lebih maju dan berkembang.

Menggali potensi desa masing-masing

Setiap daerah, setiap desa, dan setiap wilayah memiliki potensinya masing-masing. Misalnya daerah papua lebih banyak menghasilkan emas, sementara di Kalimantan lebih banyak menghasilkan aspal dan perkebunan kelapa sawit. Dengan mengetahui kelebihan setiap wilayah masing-masing, maka akan lebih mudah untuk meningkatkan ekonomi pedesaan tersebut. Cukup memaksimalkan hasil alam dan potensi yang dimiliki, maka desa tersebut akan berubah menjadi desa yang sukses.

Meningkatkan sumber daya manusia

Memiliki potensi dan kekayaan alam yang sangat banyak tidak akan pernah berguna tanpa ada manusia yang mengolahnya. Oleh sebab itu, maksimalkan pengolaan sumber daya alam setiap pedesaan dengan melakukan peningkatan kualitas dan mutu sumber daya manusia di desa tersebut. Caranya, berikan edukasi dan penyuluhan yang berhubungan dengan keahlian yang dibutuhkan. Dengan begitu, ekonomi pedesaan akan meningkat dan memberikan keuntungan untuk penduduk desa tanpa perlu memanggil orang lain untuk mengolahnya.

Demikianlah beberapa cara yang harus ditempuh pemerintah demi meningkatkan ekonomi pedesaan di seluruh Indonesia. Meski begitu, pemerintah tetap harus melihat dan melakukan cara berbeda untuk setiap wilayah. Bukan hanya itu, pemerintah juga bisa menciptakan program pemberdayaan masyarakat untuk membantu kinerja mereka agar lebih maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *