Bahaya Jajanan Tidak Sehat Bagi Anak

jajanan tidak sehatAnak sekolah dasar identik dengan jajanan, terutama zaman sekarang yang menawarkan banyak pilihan jajanan hingga populer dan banyak dicari. Tetapi perlu Anda perhatikan, dengan pilihan warna dan rasa bukan berati makanan yang anak Anda beli sudah aman. Sebagian tempat di sekolah anak menjual jajanan dengan kondisi yang tidak bersih. Jajan sembarangan akan memacu kuman masuk dan mempengaruhi sistem kekebalan tubuh. Selain itu beberapa jajanan unik juga tidak jelas kandungan yang ada di dalamnya. Berikut bahaya yang dapat muncul jika anak dibiarkan terlalu sering mengonsumsinya.

1. Tidak Bersih atau Tidak Higienis

Kriteria sebuah makanan yang dijual memiliki tingkatan masing-masing. Makanan bisa dikonsumsi jika sudah memasuki standar kebersihan yang sesuai. Jika tidak diperhatikan akan timbul jamur dan bisa menjadi sarang bibit penyakit. Beberapa faktor seperti bahan makanan, tempat berjualan, proses pembuatan, kebersihan peralatan, dan sebagainya. Sesuatu yang tidak bersih atau higienis jika masuk ke dalam tubuh akan sangat berbahaya, efek paling kecil yaitu sakit perut hingga terkena diare.

2. Keracunan Makanan

Dengan harga murah memang orang lebih mudah tertarik untuk membelinya termaksuk makanan. Sudah sadarkah Anda bahwa makanan tersebut bisa murah dan berbeda jika dijual pada tempat makan atau restoran karena bahan yang digunakan. Biasanya beberapa makanan menggunakan bahan baku dengan kualitas lebih rendah karena penjual akan mengeluarkan modal yang sedikit sehingga bisa menjualnya dengan harga murah. Bahan kualitas rendah belum tentu berbahaya tetapi tidak jarang bahan tersebut sudah kadaluarsa. Bahan yang sudah kadaluarsa bisa menyebabkan keracunan makanan. Keracunan memberikan efek mual, muntah dan sakit kepala. Untuk menghindari keracunan terjadi sebaiknya bawakan bekal lengkap kepada anak.

3. Gangguan Pencernaan

Anak yang sering konsumsi makanan tidak baik tentunya juga bisa menyebabkan gangguan pencernaan. Tidak hanya barang ternyata sebagai orangtua harus bisa mengetahui jenis jajanan tidak sehat yang mengandung bahan buatan berbahaya. Terkadang ada beberapa penjual yang melakukan kecurangan membuat minuman dan makanan palsu dengan bahan tidak alami seolah menyerupai makanan aslinya. Segera hindari karena bisa menyebabkan infeksi hingga peradangan usus.

4. Karsinogenik

Tahukan Anda bahwa sebernarnya jajanan tidak sehat juga bisa berbentuk lucu dengan warna yang menarik perhatian. Tidak semua jajanan tersebut menggunakan bahan pewarna alami. Jajanan pinggir jalan serta beberapa pasar masih ada yang berani menjualnya dengan bahan kimia tidak lain hanya untuk membuat tampilannya menarik. Zat kimia tersebut berupa pengawet buatan, pewarna serta pemanis buatan dan masih banyak lainnya. Kebiasaan mengonsumsi makanan tidak diketahui berbahan apa akan memungkinkan resiko timbulnya sel-sel kanker dalam tubuh atau yang biasa disebut dengan karsinogenik. Lindungi keluarga Anda dari jajanan yang tidak menyehatkan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *