Camilan Manis Nusantara Asal Tanah Sumatera

Tanah Sumatera dikenal sebagai daerah yang menghasilkan orang-orang sukses sekaligus keras. Selain itu, ragam masakannya juga dikenal pedas dan juga penuh dengan bumbu. Meski memiliki banyak makanan pedas, ternyata Sumatera memiliki camilan manis nusantara yang tidak banyak diketahui oleh orang di luar sana. Rasa manis dari camilan khas daerah ini sangat nikmat dan legit saat sampai di lidah Anda. Di bawah ini akan dijelaskan beberapa daftar yang mungkin bisa Anda cicipi.

Puding labu

Labu mungkin bukan lagi buah yang asing bagi orang Indonesia. Biasanya buah ini diolah dengan cara di goreng, dijadikan sayur, atau bahkan sebagai bahan tambahan untuk membuat kolak. Tetapi, di tangan handal orang Sumatera, labu disulap menjadi camilan manis nusantara yang sangat nikmat, yaitu puding labu. Apa lagi jika Anda tambahkan santan ke dalam adonan puding iin Bagi Anda yang memang hobi mengonsumsi labu, mungkin bisa mengolah buah ini ke dalam bentuk puding sebagai variasi makanan Anda.

Bolu Maksuba

Dari sebagian orang yang menyukai camilan sejenis kue, pasti memasukan bolu ke dalam list kue favorit mereka. Kebetulan sekali, Sumatera juga memiliki jenis olahan bolu yang mungkin bisa menjadi kue favorit Anda yang baru, yaitu bolu maksuba. Bolu ini memiliki bentuk yang sama dengan lapis legit, karena memiliki beberapa lapisan warna yang berbeda. Bedanya, saat Anda mencicipi camilan manis nusantara asal Sumatera ini akan cenderung padat dan terasa lengket dibandingkan bolu pada umumya. Hal ini disebabkan dari penggunaan telur yang cukup banyak sebagai salah satau bahan baku kue ini. Anda bisa menemukan kue ini di beberapa daerah Sumatera, seperti Palembang dan Jambi, khususnya di momen Idul Fitri.

Kue Bangkit

Saat Anda mengunjungi pulau Bangka Belitung, pasti Anda akan menemukan camilan manis nusantara ini. Kue yang proses pembuatannya dibakar ini terbuat dari beberapa rasa berbeda, seperti susu, keju, atau pun rasa jahe. Aslinya, kue bangkit memiliki rasa yang gurih dan manis seperti kue sagon. Bentuk kue ini pun cukup unik, biasanya dibentuk menjadi bunga dan ditaburi wijen di atasnya.

Demikianlah beberapa jenis camilan manis nusantara khas tanah Sumatera yang mungkin bisa Anda cicipi. Tetapi, tetap perhatikan jumlah camilan manis yang Anda konsumsi ini, karena terlalu banyak mengonsumsi makanan manis tidak baik untuk tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *