Cara Cermat dalam Memanfaatkan Dana Masa Depan

dana masa depanSumber harta karun yang Anda dapatkan salah satunya dari dana pensiun. Tidak ingin menghabiskan uang secara percuma karena belum mempersiapkan untuk apa dana masa depan tersebut digunakan. Tidak ada salahnya membuat rencana pengeluaran yang Anda gunakan, agar menjadi gambaran ketika Anda sudah berhenti bekerja. Berikut cara yang bisa Anda lakukan.

1. Sumber Mata Pencaharian Baru

Di umur yang semakin bertambah tua, akan sulit menemukan pekerjaan baru. Dana masa depan yang Anda miliki sebaiknya menjadi sumber mata pencaharian baru, salah satunya sebagai modal untuk membuka usaha bisnis. Membuka usaha yang bisa menjadi pemasukan Anda dan pasangan secara berkelanjutan seperti toko sembako atau rumah makan. Diskusikan bersama pasangan dan keluarga usaha apa yang bisa dikelola dengan baik dan bertahan lama.

2. Tabungan Pendidikan Anak

Walaupun sudah memiliki anak pada usia produktif yang telah bekerja, memanfaatkannya sebagai tabungan pendidikan masih sangat membantu. Jika hanya memiliki satu anak, tentu tabungan pendidikan ini bisa dialokasikan untuk kebutuhan lainnya. Pendidikan yang didapatkan anak tentunya beragam, bisa pendidikan formal maupun pendidikan melalui hobi sang anak.

3. Warisan

Sudah menjadi kewajiban bagi kita sebagai orangtua dalam memberikan kemudahan untuk keluarga terutama anak. Di masa mendatang, apa yang sudah direncanakan bisa berjalan sesuai dan tidak. Maka untuk meminimalisir hal yang tidak diinginkan terjadi dengan keluarga Anda, harta karun bisa disimpan sebagai warisan. Anda bisa menyimpan warisan tersebut dalam bentuk tabungan atau deposito agar lebih aman dan tidak cepat habis.

4. Liburan bersama Pasangan

Pilihan terakhir ini yang mungkin bisa Anda lakukan demi memiliki masa tua yang menyenangkan. Ketika Anda dan pasangan terlalu sibuk bekerja, sehingga saat muda sulit menikmati liburan bersama. Mengisi waktu dengan berlibur bersama pasangan ke tempat-tempat yang pastinya belum sempat Anda kunjungi seperti keliling Indonesia atau dunia. Manfaatkanlah harta karun untuk persiapan Anda sebaik mungkin, karena pada dasarnya harta yang paling berharga adalah keluarga Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *