Ekonomi Kreatif Dan Manfaatnya Untuk Indonesia

Tahukah Anda apa itu ekonomi kreatif? Ekonomi kreatif adalah sebuah konsep ekonomi baru yang mengedepankan kreativitas serta informasi yang mengandalkan ide dan pengetahuan dari sumber daya manusia. Singkatnya, konsep ini memanfaatkan industri kreatif untuk bisa tumbuh dan berkembang. Di era serba digital dan teknologi ini, industri kreatif semakin menjamur di setiap sudut dunia, tak terkecuali Indonesia. Semakin banyaknya industri kreatif yang tercipta, maka perekonomian kreatif akan terus berkembang dan mampu membantu perekonomian Indonesia. Untuk mengetahui lebih lanjut, simak beberapa manfaat ekonomi kreatif untuk Indonesia berikut ini.

1. Mendorong Munculnya Bisnis Baru

Saat teknologi dan informasi belum berkembang sepesat ini, bisnis-bisnis yang hadir di Indonesia didominasi oleh pertanian, perkebunan, perdagangan, hingga pertambangan. Tapi, semenjak era digitalisasi di mana teknologi dan informasi sudah seperti santapan sehari-hari, bisnis-bisnis pendukung ekonomi kreatif  mulai muncul ke permukaan. Contohnya tidak lain adalah bisnis start-up.

Bisnis yang rata-rata di jalankan oleh para millennials ini bergerak di bidang digital dan teknlogi. Contoh-contoh bisnis start-up di Indonesia saat ini adalah bisnis pembuatan aplikasi, bisnis transportasi online, digital agency, ­e-commerce, hingga cleaning service online. Jika belum ada faktor pendukung seperti jaringan internet yang sedemikian luas dan kecanggihan teknologi, tentu saja bisnis ini tidak bisa berjalan. Setuju?

2. Ajang Unjuk Gigi Anak Bangsa

Bagimana cara membuat bisnis lebih besar dan sukses? Melakukan inovasi bisnis jawabannya. Kehadiran ekonomi kreatif di tengah masyarakat mendorong setiap orang untuk berpikir kreatif mengenai bisnis apa lagi yang harus diciptakan agar tidak sama dengan bisnis yang sudah ada. Ada du acara yang bisa Anda lakukan, pertama benar-benar menciptakan bisnis baru dari nol, namun membutuhkan waktu dan biaya yang tidak sedikit. Cara kedua adalah melakukan inovasi pada bisnis yang sudah ada.

Studi kasusnnya adalah bisnis warteg. Pada beberapa puluh tahun sebelumnya, warteg menjadi tempat makan untuk golongan menengah ke bawah. Tapi, dengan adanya inovasi tempat dan menu makanan, warteg saat ini menjadi tempat nongkrong untuk anak muda dari semua kalangan. Betapa hebatnya sebuah inovasi bisnis kreatif kan?

3. Membantu Pertumbuhan Ekonomi Negara

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, ekonomi kreatif sangat membantu pertumbuhan ekonomi negara. Kontiribusi yang diberikan berupa tambahan pemasukan negara yang berasal dari industri-industri kreatif. Bisa Anda lihat sendiri bahwa start-up Indonesia sangat banyak, menjamur, dan sukses. Jadi, bisa dibayangkan berapa banyak kontribusi mereka terhadap perekonomian Indonesia.

Demikian beberapa manfaat yang harus Anda ketahui. Kesimpulannya, ide-ide kreatif sekecil apapun yang Anda miliki akan memberikan dampak besar terhadap Indonesia. Untuk itu, dukung perekonomian  Indonesia!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *