Inilah 3 Masalah Sampah yang Tidak Ada Habisnya

Sampah menjadi masalah yang saat ini masih belum terselesaikan di Indonesia. Dari tahun ke tahun produksi sampah Indonesia selalu meningkat. Dengan meningkatnya produksi tersebut, akan ada banyak masalah yang ditimbulkan. Padahal berbagai cara sudah diusahakan untuk mengatasi produksi sampah. Ada berbagai faktor yang menyebabkan Indonesia masih mengalami masalah sampah sampai saat ini. Berikut faktor-faktor tersebut.

Masih Kurangnya Kesadaran untuk Membuang Sampah Pada Tempatnya

Yang satu ini menjadi hal yang susah diterapkan pada masyarakat Indonesia. Padahal sudah banyak tempat sampah disediakan baik di jalan-jalan atau di tempat umum mana pun. Padahal dampaknya sangat besar dan bahkan sudah sering dirasakan. Seperti banjir, pencemaran lingkungan dan banyaknya penyakit yang diakibatkan. Kebanyakan masyarkat lebih memilih membuangnya di sungai atau jalanan. Hal itu sangatlah memprihatinkan melihat tidak adanya yang peduli tentang masalah sampah di Indonesia.

Masih Minimnya Pengetahuan Tentang Jenis dan Cara Pembuangan Sampah yang Benar

Jika di luar negeri masyarakatnya sudah mengerti dan tahu cara memilah sampah sesuai jenisnya, berbeda dengan di sini. Orang-orang kadang masih suka bingung saat hendak membuang sampah pada tempatnya. Padahal sudah banyak tempat sampah tersedia di jalan-jalan dengan petunjuk yang jelas. Ada 3 jenis tempat sampah yang umum ditemui. Yaitu yang berwarna merah (Bahan, Berbahaya, Beracun), kuning (Non organik), dan hijau (Organik). Karena ketidaktahuan ini lah yang membuat orang akhirnya malas membuang sesuai jenisnya dan malah membuat masalah sampah tidak kembali terselesaikan. Hal ini membuat sampai jadi lebih susah untuk terurai.

Ketidaktepatan Pembuangan Sampah Sejak dari Sumbernya

Tidak berbeda dari yang diatas tadi namun sekarang masalah sampah berasal dari sampah industri rumahan. Di Jepang, ketika hendak membuang sampah rumah sudah dipisahkan dulu sejak awal sesuai jenis-jenisnya dan langsung membuangnya pada tempat yang sudah ditetapkan jadi tidak ada penumpukan sampah yang berbeda-beda yang menyebabkan susah mengurainya sampah. Sedangkan di sini hal ini masih belum diterapkan dengan baik. Antara limbah cari dan limbah padat masih disatukan yang akhirnya ketika sampai di TPA membuat sampah-sampah tersebut tidak dipisahkan dan dibiarkan menumpuk begitu saja meninggalkan masalah sampah kembali.  

Di atas adalah beberapa faktor yang masalah sampah di Indonesia. Sudah seharusnya kita menjadi kebersihan lingkungan agar tetap bersih dah sehat. Untuk selanjutnya bisa lihat link berikut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *