Inilah 4 Kebiasaan Makan Masyarakat Indonesia

Tahukah Anda bahwa menjadi orang Indonesia itu enak, lho. Pasalnya, segala sesuatu yang berhubungan dengan makanan Indonesia menjadi surganya. Setiap daerah memiliki makanan khasnya sendiri dan sangat beragam. Selain makanan dan minumannya yang sangat beragam, masyarakat Indonesia juga memiliki kebiasaan makan yang berbeda dengan warga negara lain. Kebiasaan ini muncul akibat dari percampuran budaya dari berbagai negara, khususnya negara-negara yang pernah menjajah Indonesia.  Simak informasinya berikut di bawah ini.

Makan Lesehan

Inilah satu-satunya kebiasaan makan warga Indonesia yang tidak dimiliki oleh negara lain, yaitu makan lesehan. Makan lesehan dinilai sebagai salah satu wujud kebersamaan dan keserhanaan yang sangat melekat dengan penduduk Indonesia. Dengan cara makan ini, suasana akan lebih akrab dan terbuka, sehingga sangat pas menjadi ajang diskusi yang santai. Saking melekatnya tradisi ini, muncul berbagai tempat makan yang menyediakan fasilitas lesehan yang sangat cocok untuk makan dengan keluarga di akhir pekan.

Makan Menggunakan Tangan

Satu lagi kebiasaan makan penduduk Indonesia yang dpandang aneh oleh orang asing, yaitu makan manggunakan tangan. Meski sudah hadir inovasi paling mutakhir, yaitu sendok, garpu, dan sumput, masyarakat Indonesia tetap memilih untuk makan dengan tangan tanpa alat bantu lainnya. Bahkan, sayur yang notabenenya adalah makanan cair, warga negara Indonesia tetap makan menggunakan tangan. Intinya, masyarakat nusantara percaya bahwa makan mdengan tangan adalah yang paling enak.

Gorengan Wajib Hukumnya

Inilah alasan kenapa orang Indonesia kebanyakan terserang penyakit seperti kolesterol, karena sering mengonsumsi gorengan. Kebiasaan ini akan sangat sulit dihilangkan, karena sudah mendarah daging. Bagi masyarakat Indonesia, makan gorengan disertai sambal merupakan kebiasaan makan sehari-hari yang harus dilakukan. Bahkan, gorengan akan mudah ditemukan di mana saja dan kapan saja. Jenisnya pun beragam, mulai dari tempe, tahu, ubi, pisang, hingga singkong goreng. Dan jangan lupa untuk menyediakan sambal sebagai cocolan agar lebih nikmat.

Kerupuk Tidak Boleh Ketinggalan

Indonesia sangat menyukai makanan kriuk, khususnya saat sedang makan besar, salah satunya adalah kerupuk. Muali dari ayam goreng, mie ayam, bakso, sayur asam, semuanya dimakan bersama dengan kerupuk. Tanpa kerupuk, kebiasaan makan akan berkurang. Sehingga, hampir disetiap rumah orang Indonesia menyediakan kerupuk sebagai teman makan atau pun camilan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *