Inilah 4 Makanan Asli Kalimantan Timur Dengan Nama Unilk

Kalimantan merupakan pulau paling besar yang dimiliki oleh Indonesia. Sama seperti daerah lain, Kalimantan juga memiliki makanan khasnya sendiri yang tidak kalah lezat dengan daerah lain. Hampir sebagian makanan asli Kalimantan Timur dipengaruhi oleh perpaduan dari kebudayaan suku asli pulau ini, yaitu suku Kutai dan Dayak dengan kebudayaan suku pendatang seperi Banjar dan Bugis. Akibat alkulturasi dari kedua budaya ini menyebabkan pulau yang menjadi salah satu paru-paru dunia ini memiliki makanan yang unik dan menarik untuk di santap. Di artikel ini Anda akan mendapatkan informasi seputar makanan tersebut. Yuk, segera simak!

Ayam Cincane

Pada zaman dahulu, Ayam Cincane hanya dihidangkan pada acara-acara penting seperti pernikahan dan kelahiran. Tetapi seiring perkembangan zaman makanan asli Kalimantan ini bisa Anda cicipi di berbagai warung makan yang ada di daerah tesebut. Bahan utama kudapan ini adalah ayam kampung, jahe, lengkuas, kemiri, dan juga bumbu dapur lainnya. Selanjutnya, Anda dapat mencampirkan semua bumbu tersebut, lalu bakar ayam dengan bara api hingga matang. Jika tidak terlalu suka dengan menu makanan yang di bakar, Anda juga bisa memasak kuliner ini dengan cara digoreng.

Sate Payau

Saat mendengar namanya, mungkin Anda berpikir bahwa payau yang dimaksud adalah air payau. Nyatanya, Anda salah besar. Sate Payau ialah salah satu makanan asli Kalimantan dengan nama yang unik. Bukan hanya namanya, bahan baku yang digunakan untuk membuat kudapan yang satu ini pun terbilang unik, karena menggunakan daging rusa. Tetapi, karena rusa menjadi salah satu hewan yang dilindungi, Sate Payu menjadi makanan yang langka dan sulit untuk ditemui.  Anda hanya bisa menemukan makanan ini di berbagai acara atau festival kesenian yang digelar di Kalimantan Timur.

Amplang

Amplang merupakan jenis camilan kerupuk yang memiliki bentuk seperti kuku Macan. Makanan asli Kalimantan yang satu ini terbuat dari ikan. Meski bahan dasarnya ikan, kudapan ini sama sekali tidak memiliki rasa yang amis, melainkan rasa gurih, enak, dan sangat renyah. Bagi Anda yang menyukai makanan pendamping sepeti kerupuk saat sedang makan, mungkin Amplang bisa menjadi pelengkap yang pas untuk Anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *