Inilah 4 Ragam Bubur Khas Indonesia Terunik

Ragam cita rasa nusantara tersebar hingga ke daerah terpencil di Indonesia. Mulai dari makanan berat yang penuh dengan berbagai bumbu, hingga makanan sederhana seperti bubur. Meski bubur bukan bukan hanya Anda di Indonesia, Indonesia memiliki bubur khasnya sendiri. Bubur khas Indonesia ini tersebar di berbagai daerah Indonesia, mulai dari Sabang hingga Marauke. Kudapan ini bukan sekadar beras yang dibuat buat cair, ragam bubur Indonesia juga memasukan sejumlah bubur ke dalamnya. Berikut ini beberapa bubur khas nusantara yang harus Anda coba.

Bubur Manado

Dari namanya saja Anda pasti sudah tahu daerah bubur ini berasal. Bubur yang dikenal dengan nama tinutuan ini terbuat dari labu kuning yang dicampur dengan beraneka raga sayuran, seperti daun singkong, kangkung, kemangi, bayam, dan juga jagung. Saat mencicipinya, Anda akan merasakan perpaduan rasa gurih dan juga sedikit pedas. Untuk menyantap salah satu bubur khas Indonesia ini, Anda bisa menambahkan lauk lain seperti perkedel nikel, ikan cakalang, atau sambal roa.

Bubur Ase

Siapa sangka jika suku Betawi di Jakarta memiliki bubur khasnya sendiri, yakni bubur ase. Bubur khas Indonesia ini terbuat dari beras biasa, tetapi warnanya berubah menjadi hitam setelah disiram dengan kuah pendampingnya, yaitu kuah semur Betawi. Selain irisan semur daging, kudapan ini juga disajikan dengan menambahkan tauge, kacang kedelai, dan juga kerupuk merah. Makanan lezat ini sudah sulit untuk ditemui, bahkan hampir punah. Mungkin Anda bisa membantu melestarikan bubur ini dengan cara membuat dan menjualnya.

Bubur Manggul

Bukan hanya Jakarta dan Manado saja yang memiliki buburnya sendiri, Madura juga memiliki olahan bubur khasnya sendiri, yaitu bubur manggul. Bubur khas Indonesia ini terbuat dari tepung beras yang diberi santan dan garam, sehingga menghasilkan cita rasa makanan yang sangat gurih. Sebagai tambahannya, bubur ini diberi irisan daun kemangi, sambal goreng udang, dan juga taburan seruneng atau kelapa sangrai yang dicampur dengan bumbu rempas khas tanah Madura.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *