Inilah 4 Rempah Langka Indonesia

Indonesia dikenal sebagai negara yang menghasilkan rempah-rempah terbanyak di dunia. Tanahnya yang subur membuat beragam tanaman mudah tumbuh di tanah ini. Faktor ini lah yang menyebabkan Indonesia menjadi negara agraris. Dari sekian puluh rempah yang bisa di temukan di Indonesia, berikut ini beberapa rempah langka Indonesia yang sulit ditemukan sekaligus memiliki nilai jual yang tinggi. Yuk, segera simak informasinya di sini.

Kemukus

Menjadi salah satu rempah langka Indonesia, Kemukus merupakan tanaman yang berasal dari daerah Jawad an Sumatera. Rempah ini juga memiliki julukan lain, yaitu lada Jawa atau cabe Jawa. Biasanya, tanaman ini digunakan sebagai bumbu masakan Indonesia. Gunanya untuk memperkuat cita rasa masakan agar lebih nikmat sekaligus pedas. Bukan hanya itu, Kemukus juga digunakan sebagai bahan utama farmakope dan sumber minya astrisi.

Kuma-kuma

Bagi Anda yang asing dengan jenis rempah kuma-kuma, mungkin Anda lebih mengenal rempah langka Indonesia ini dengan nama Saffron. Rempah ini umumnya dibudidayakan di sekitar kawasan Asia Barat. Sebenarnya, kuma-kuma merupakan putik bunga tanaman crocus sativus yang dikeringkan. Kadnungan crocin pada rempah yang satu ini akan membuat makanan menjadi warna kuning keemasan yang cantik. Akibat kemampuannya yang unik, rempah langka ini menjadi salah satu yang paling mahal dan paling dicari orang-orang di dunia.

Mesoyi

Tanah Papua dikenal sebagai penghasil mineral terbanyak di Indonesia, salah satunya adalah emas. Tetapi, tidak banyak yang tahu bahwa pulau paling timur Indonesia ini memiliki satu rempah langka Indonesia, yaitu Mesoyi. Rempah ini digunakan secara luas sebagai obat tradisional oleh masyarakat Jaw dan para perempuan Bali. Rempah langka ini digunakan sebagai bahan dasar salep yang berfungsi sebagai penghilang bau tak sedap pada daerah tubuh.

Biji Klabet

Satu lagi rempah langka Indonesia yang populer dan diminati oleh banyak orang, yaitu Biji Klabet. Dari namanya, Anda sudah pasti mengetahui bahwa rempah ini berasal dari benih tanaman. Rempah ini biasanya digunakan sebagai bahan baku obat-obatan, khususnya obat pencernaan seperti maag, sembelit, dan juga radang lambung. Selain sebagai bahan baku obat, rempah ini juga bisa digunakan sebagai salah satu bumbu masakan rendang. Dengan begitu, satu rempah memiliki dua fungsi yang berbeda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *