Inspirasi Bisnis Ramah Lingkungan yang Menguntungkan

Semakin maraknya kepedulian masyarakat terhadap lingkungan membuat para pelaku bisnis mulai berinovasi. Mulai dari makanan hingga pakaian, kini banyak produk yang mengadaptasi konsep go green. Gaya hidup sehat dan peduli lingkungan pun diubah menjadi sebuah ladang pemasukan yang bukan hanya menguntungkan, tapi juga tepat untuk menyelamatkan lingkungan. Berikut adalah beberapa contoh bisnis ramah lingkungan yang bisa menginspirasi Anda.

Menjual produk organik

Berbisnis dengan modal minim dan profit yang cukup menjanjikan bisa dimulai dari berjualan produk olahan organik. Penggunaan pestisida yang semakin dihindari membuat permintaan pasar terhadap buah-buahan dan sayuran organik semakin meningkat. Selai dari buah-buahan organik adalah contohnya. Anda bisa mengemasnya dalam jar-jar dengan desain cantik.

Sabun non-deterjen

Upaya untuk mengurangi limbah deterjen dapat dilakukan dengan menjual sabun non-deterjen yang ramah lingkungan. Memulai bisnis ini membutuhkan pengetahuan yang mendalam tentang farmasi dan meracik sabun atau shampoo non-deterjen. Bahan yang biasa digunakan adalah susu kambing atau minyak alami seperti coconut oil dan olive oil. Dengan kemasan yang menarik, sabun non-deterjen Anda akan dilirik oleh konsumen. Bahkan, tidak jarang sabun jenis ini digunakan sebagai suvenir pernikahan.

Pakaian Ramah Lingkungan

Popularitas pakaian ramah lingkungan mulai meningkat saat ini karena bahan yang digunakannya cukup nyaman di badan. Pakakain jenis ini dihasilkan dari bahan alami seperti bambu, rami, katun organik, dan organik wol. Pembuatan pakaian organik tidak menggunakan bahan kimia berbahaya seperti urea, halogen, bromines, dan zat kimia lainnya yang dapat berdampak buruk pada kulit Anda. Bahan organik juga biasanya terbuat dari serat yang sangat kuat dan bersifat menyerap keringat.

Bank Sampah

Bisnis yang satu ini memang sedang cukup naik daun karena warga bisa mengubah sampah mereka menjadi uang. Dengan menyetorkan sampah-sampah daur ulang ke Bank Sampah, warga bisa mendapat uang sesuai dengan kuantitas dan kualitas jenis sampahnya. Nantinya, uang yang didapat dari penjualan sampah tersebut bisa ditabung untuk keperluan sehari-hari seperti membayar listrik. Namun, sebelum memulai bisnis ini, sebaiknya Anda berkoordinasi dahulu dengan pengepul sampah dan warga sekitar agar tidak terjadi konflik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *