Kesalahan Menggunakan Tunjangan Hari Tua

tunjangan hari tuaTerkadang seseorang terlalu terlena dengan gaji yang didapatkan selama bekerja. Ketika Anda sudah berusaha membuat rencana masa depan dengan baik pasti akan mempermudah kehidupan Anda selanjutnya. Tunjangan hari tua yang Anda miliki sebaiknya tidak dipakai secara berlebihan atau bahkan tidak disimpan dengan baik. Simak beberapa kesalahan penggunaan tunjangan yang bisa Anda hindari agar tidak merugikan Anda.

1. Tidak Membuat Perencanaan Dana Pensiun

Segala sesuatu yang tidak direncanakan dengan baik pasti berakhir dengan kekecewaan. Jangan sampai hal itu terjadi pada Anda dan keluarga. Menjaga dana pensiun dengan lebih cermat akan menghasilkan keuntungan yang bisa Anda nikmati di masa yang akan datang. Menyisihkan dana pensiun serta tidak mengambil cicilan terlalu banyak akan mempermudah Anda menikmati masa tua. Bisa Anda mulai dari hal paling dasar, apakah hasilnya cukup untuk menopang biaya hidup saat sudah tidak bekerja lagi. Maka dari itu, manfaatkan masa muda untuk memenuhi kebutuhan hidup agar lebih tenang saat sudah tidak bekerja.

2. Menggunakan Kartu Kredit Terlalu Sering

Kartu kredit memang menjadi solusi bagi Anda yang sering tidak memiliki uang tunai. Penggunaan tersebut memang memiliki keuntungan dan kemudahan. Tetapi usahakan untuk memikirkan secara matang jika Anda membuat kartu kredit apakah bisa melunasinya secara teratur atau tidak. Jika keperluan dan cicilan Anda sudah terlalu banyak sebaiknya Anda hentikan agar tidak menyulitkan diri sendiri. Semakin banyak Anda menggunakannya, maka semakin banyak utang yang harus siap dibayar.

3. Kurang Detail Menentukan Tujuan Tabungan dan Investasi

Menabung itu kewajiban dan investasi juga diperlukan dalam menghadapi kehidupan Anda selanjutnya. Kesalahan penggunaan tunjangan hari tua ini harus tergambarkan secara jelas, detail dan sesuai dengan keadaan finansial Anda. Menentukan tujuan tabungan untuk membeli aset maupun Pendidikan anak akan lebih memberikan Anda arah. Selain itu pilihlah investasi dengan keuntungan yang sesuai keperluan Anda di masa depan. Jika Anda terlalu banyak berinvestasi persiapkan diri menghadapi segala resiko yang akan terjadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *