Ketahui Cara Menghemat Uang Pensiun

uang pensiunMemiliki sebuah keputusan untuk menghemat uang pensiun, maka Anda harus memilih cara melakukannya. Pensiun pada dasarnya adalah rencana penghematan jangka panjang dengan keringanan pajak. Kontribusi reguler Anda diinvestasikan sehingga mereka tumbuh sepanjang karir Anda dan kemudian memberi Anda penghasilan pada akhir karir. Beberapa cara sederhana berikut ini bisa jadi inspirasi Anda.

1. Membeli Sesuai Dengan Kebutuhan

Kebutuhan seseorang pasti akan selalu meningkat dengan pendapatan yang naik dalam jangna waktu tertentu. Tanamkan dalam diri Anda untuk menahan keinginan membeli banyak barang yang kadang tidak berguna. Utamakan kebutuhan Anda sendiri serta keluarga, sehingga Anda tahu berapa sisa penghasilan yang bisa Anda jadikan simpanan darurat untuk digunakan kapan saja. Bedakan antara keinginan dan kebutuhan Anda secara lebih detail sehingga uang pensiun tidak digunakan sia-sia.

2. Tidak Terpengaruh Gaya Hidup Mewah

Hasil kerja keras Anda pasti akan berbuah manis. Tetapi perlu diingat untuk tidak terpengaruh dengan gaya hidup mewah karena justru Anda akan menyesal. Bergayalah sesuai budget yang Anda miliki, walaupun tabungan Anda mencukupi tetapi bukan alasan untuk bisa menghambur-hamburkan uang. Teman kantor mungkin adalah cobaan terberat bagi Anda ketika mereka bisa membeli banyak barang, namun Anda tidak. Buang jauh sifat gengsi dari sekarang karena pada kenyataannya Anda harus bisa hidup untuk tidak mengemis perhatian oranglain.

3. Melunasi Utang

Sekecil apapun utang yang Anda pinjam pada rekan kerja, tetangga bahkan saudara harus segera dilunasi. Ini adalah cara paling aman untuk menjaga uang pensiun Anda. Kurangi penggunaan kartu kredit terlalu sering, karena itu juga merupakan utang yang harus dibayar dan tanpa Anda sadari bisa sangat boros. Jangan sampai masa tua Anda dipenuhi dengan utang karena terlalu sibuk menggunakan uang pensiun tidak sesuai rencana.

4. Membawa Makanan Dari Rumah

Cara sederhana ini bisa Anda terapkan sehari-hari di kantor, maupun saat menikmati weekend bersama kerabat dekat. Memang perlu sedikit effort tetapi bisa sangat membantu Anda menjaga uang pensiun dengan aman. Kendalikan nafsu Anda  agar tidak menghabiskan uang dengan membeli makanan yang kadang tidak Anda habiskan. Jika Anda sangat ingin makanan tersebut, bisa menggunakan cara patungan bersama rekan Anda di kantor. Jangan malu dengan keadaan Andai, justru bisa menjadi pelajaran bagi untuk selalu bersyukur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *