Ketahui Persiapan Pensiun Anda dari Sekarang

persiapan pensiunIngin merasakan masa tua dengan bahagia? Pastikan Anda sudah memiliki persiapan pensiun yang bisa Anda diskusikan bersama pasangan. Kegiatan yang Anda lakukan selama bekerja sudah termasuk persiapan yang perlu diperhatikan lebih lanjut. Merencanakan sesuatu dapat menghilangkan kecemasan Anda di masa yang akan datang. Yuk, ketahui persiapan dana pensiun sejak dini agar hari tua Anda bahagia.

1. Perdalam Hobi Anda

Hobi Anda selama masa kuliah atau bekerja bisa diperdalam saat masa pensiun datang. Kulik hobi Anda karena bisa menjadi aktivitas positif menghilangkan rasa bosan akibat sudah tidak bekerja. Jika Anda sudah menjadi ahli dalam hobi tersebut, bisa menjadi peluang pendapatan baru di hari tua. Hobi ini juga bisa Anda ajarkan kepada anak dan cucu sehingga bisa melakukannya bersama-sama.

2. Tidak Memiliki Cicilan

Mungkin ada beberapa keperluan yang mengharuskan Anda melakukan cicilan. Itu menjadi sebuah hal wajar selama Anda masih bisa membayarnya secara berkala selama masa bekerja. Tetapi harus hati-hati, pastikan ketika mengambil cicilan Anda bisa menyelesaikan pembayaran sebelum memasuki masa pensiun. Cicilan termasuk hutang, belum lagi Anda harus membayar hutang lainnya. Anda bisa mulai perlahan-lahan mengurangi hutang agar bisa fokus membayar cicilan.

3. Mengoleksi Aset

Pasti Anda memiliki tabungan masa depan, tetapi sudah tahukah akan digunakan untuk apa tabungan tersebut? Pergunakan tabungan dengan mendapatkan keuntungan di masa depan seperti membeli beberapa aset. Persiapan pensiun jenis ini tergantung apakah aset yang Anda pilih memiliki harga meningkat seiring berjalannya waktu. Rumah dan tanah masih memiliki nilai jual yang cukup tinggi. Selain itu ketika Anda mempunyai kesempatan ke luar negeri, coba membeli barang-barang unik yang bisa Anda jual kembali ketika barang tersebut diburu oleh para kolektor.

4. Menyisihkan Penghasilan

Keberhasilan seseorang menyisihkan penghasilannya untuk ditabung memang belum tentu berjalan mulus. Namun bila Anda bisa menjadi pribadi yang konsisten pasti bisa mempunyai hasil yang membahagiakan di masa yang akan datang. Persiapan pensiun ini dapat dilakukan secara pelahan tapi pasti, menyisihkan uang akan terasa lebih ringan. Lakukan dengan tujuan yang jelas agar selalu bersemangat saant melakukan persiapan pensiun satu ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *