Kudapan Khas Jakarta Hasil Alkulturasi Budaya

Mengalami penjajahan lebih dari 350 tahun oleh beberapa negara berbeda, yakni Portugis, Inggris, Belanda, hingga Jepang, membuat Indonesia mengalami banyak alkulturasi budaya, mulai dari kebiasaan hingga bidang kuliner. Pengaruh dari negara-negara tersebut berhasil membuat negeri ini menciptakan sesuatu yang baru, khususnya makanan. Di artikel berikut ini akan membahas beberapa kudapan khas Jakarta yang merupakan hasil dari alkulturasi dengan budaya asing. Segera simak informasinya, yuk!


  1.    Kue Cubit vs Poffertjes

Siapa yang tidak kenal dengan kue cubit? Camilan mirip dengan kue pancong ini menjadi salah satu jajanan pasar yang paling digemari oleh semua orang. Tetapi, sejuta umat di Indonesia tidak banyak yang tahu bahwa kudapan khas Jakarta ini merupakan kuliner hasil alkulturasi dengan budaya lain, yakni Belanda. Sebenarnya, negeri kicir angina ini mememiliki kue sejenis yang berdama Poffertjes. Dari tampilannya pun sangat mirip dengan kue cibut asli Indonesia, bedanya kue ini menggunakan gula halus sebagai taburan di atasnya.


  1.    Egg Tart vs Pastel de nata

Apakah Anda pernah mencicipi atau bahkan membuat eeg tart? Bila belum mencobanya, mungkin Anda bisa mencoba egg tart Kampung Tugu yang berada di Jakarta Utara. Kudapan khas Jakarta ini memiliki rasa yang sangat gurih sekaligus manis. Meski menjadi makanan asli Jakarta, kue ini merupakan salah satu kuliner hasil alkulturasi dengan budaya Portugis. Di portugis, kue ini dikenal dengan nama Pastel de Nata. Bahkan, hal uni lain yang ada di kampung Tugu ini adalah Anda akan menemui orang-orang dengan nama yang identik dengan negara Portugis. Sungguh unik, kan?


  1.    Ketan Unti vs Arroz doce

Kuliner Indonesia dnegan bahan dasar ketan sudah bukan hal asing. Banyak sekali ragam olahan ketan yang menjadi makanan khas Indonesia, seperti lemper, tape ketan, uli, hingga ketan susu. Tetapi, kampung Koja memiliki olahan ketannya sendiri, yakni Ketan Unti. Seperti kedua makanan asal Jakarta sebelumnya, Ketan Unti merupakan kuliner hasil dari alkulturasi dua bodaya yang berbeda, yaitu budaya Indonesia dengan Portugis. Ketan Unti ini sendiri merupakan ketan yang ditaburi dengan irisan atau parutan gula merah yang manis. Biasanya, kudapan khas Jakarta ini disediakan dalam momen berduka. Sementara itu, orang Portugis mengenal kudapan ini dengan nama Arros Doce.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *