Kudapan Sulawesi Selatan Yang Buat Anda Ketagihan

Saat Anda melakukan travelling ke daerah tertentu, maka wajib hukumnya untuk berburu dan mencicipi makanan khas Indonesia di sana. Bila Anda tidak melakukannya, maka perjalanan liburan Anda belum lengkap rasanya.

Ketika Anda mengunjungi Sulawesi Selatan, maka Anda harus mencicipi kudapan khasnya yang penuh dengan cita rasa pedas. Nah, di sini akan dibahas beberapa kudapan Sulawesi Selatan yang wajib untuk Anda cicipi saat saat berkunjung.

Mie Titi

Mie Titi sudah terkenal di daerah Sulawesi Setalan sejak tahun 70-an. Ciri khas dari kudapan Sulawesi Selatan ini adalah mienya yang lebih tipis dibandingkan dengan mie pada umumnya. Seiring perkembangan zaman, kudapan ini terus mengalami evolusi rasa dan penyajiannya yang terus semakin baik. Mie yang disajikan dengan kuah kental, irisan daging ayam, jamur, hati, cumi, udang, dan juga taburan bawang goreng ini harus Anda masukan ke dalam daftar makanan yang harus Anda coba ketika berkunjung ke salah satu provinsi Sulawesi ini.

Sop Konro

Apakah Anda menyukai makanan dari olahan iga sapi? Jika iya maka Anda akan jatuh cinta dengan salah satu kudapan Sulawesi Selatan, yaitu Sup Konro. Masakan dengan kuah bewarna coklat kehiataman ini biasanya dimakan bersama dengan ketupat kecil yang dipotong-potong terlebih dahulu.  Warna gelap pada kuahnya didapat dari buah kluwek, bahan yang dipakai juga untuk menghitamkan Rawon dan Pucung Gabus.

Pada awalnya, kudapan ini merupakan masakan yang kaya akan rempah, namun seiringnya inovasi yang dilakukan pada masakan ini membuat sup iga khas Sulawesi ini memiliki beragam varian yang lebih banyak dan lebih sesuai dengan lidah masyarakat Indonesia lainnya.

Coto Makassar

Menjadi salah satu makanan khas Indonesia yang terkenal di Indonesia, Coto Makassar sangat mudah ditemui di kota-kota besar selain daerah asalnya, yaitu Sulsel. Kudapan Sulawesi Selatan ini berisi jeroan dan daging sapi yang sebelumnya direbus lama dalam air bekas cucian beras dan kacang tanah yang dihaluskan. Selanjutnya, isian tersebut dicampur dengan bumbu lain seperti bawang putih, bawang merah, garam, ketumbar, kemiri, jintan sangria, dan juga merica.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *