Kue Tradisional Khas Papua Yang Wajib Anda Cicipi

Berbicara tentang kue tradisional, biasanya masyarakat Indonesia lebih familiar dengan kue yang berasal dari pulau Jawa, Sumatera, Bali. Padahal, di daerah lain juga memiliki beragam snack lezat yang mampu membuat Anda jatuh cita sejak pertama kali mencicipinya, salah satunya adalah kue asal tanah Papua.

Pulau yang luasnya hampir 810 km persegi itu menyimpan beragam makanan khasnya yang rata-rata terbuat dari sagu. Di bawah ini akan disampaikan beberapa kue tradisional khas papua yang wajib untuk Anda cicipi. Yuk, segera simak artikelnya!

Kue Lontar

Tidak melulu memiliki kudapan berbahan dasar sagu, Papua juga mempunyai makanan khas dengan bahan baku lain dan cocok untuk semua lidah masyarakat Indonesia, yakni Kue Lontar. Konon, kue unik ini dibawa oleh orang-orang Belanda di masa lalu ketika menjajah Indonesia. Pada awalnya, nama kue ini adalah Rontart, namun karena orang Indonesia sulit mengucapkannya, maka masyarakat papua pun akhirnya menyebut kue ini dengan sebutan Lontar. Sebenarnya, tampilan kue tradisional ini mirip dengan pie susu yang populer di Bali, bedanya, kue asal pulau Cendrawasih ini memiliki ukuran lebih besar dibandingkan dengan pie susu.

Martabak Sagu

Martabak merupakan kuliner yang cukup terkenal di Indonesia, bahkan memiliki banyak varian seperti martabak manis, martabak telur, hingga martabak Mesir. Di Papua sendiri pun juga memiliki martabak khasnya sendiri, yaitu Martabak Sagu. Kue tradisional khas Papua ini dibuat dari bahan-bahan yang sangat sederhana, seperti sagu  gula merah. Pertama-tama, goreng sagu hingga matang, selanjutnya Anda tinggal menambahkan gula merah sebagai pemanis kudapan unik ini.

Sagu Lempeng

Dari sekian banyak hidangan berbahan dasar sagu ala Papua, Sagu Lempeng merupakan kue tradisional yang paling identik dengan pulau paling Timur Indonesia ini. Kue ini hampir bsia ditemukan di setiap sudut daerah Papua, bahkan hingga ke daerah Ambon. Bentunya yang persegi panjang dan memiliki warna coklat kemerahan, sekilas Sagu Lempeng sangat mirip dengan dodol susu asal Garut. Bedanya, kue tradisional ini memiliki tekstur yang sangat keras dan sedikit menyiksa gigi Anda ketika menyantapnya. Untuk membuat kudapan ini, Anda hanya memerlukan tepung sagu yang dicetak dengan lempengan besi, kemudian di panggang hingga berubah warna menjadi kemerahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *