Kuliner Lombok Yang Wajib Anda Cicipi

Selain Bali, Indonesia juga memiliki surga lain yang tidak kalah indah, yaitu pulau Lombok. Pulang yang terletak di daerah Nusa Tenggara ini memiliki puluhan pantai cantik yang masih banyak tidak diketahui banyak orang. Bukan hanya keindahan alamnya saja yang membuat Lombok diminati sebagai destinasi liburan, ragam kuliner Lombok juga sangat menarik untuk dicicipi. Yuk, simak apa saja makanan Lombok yang wajib Anda coba.

Ayam taliwang

Olahan ayam ternyata cukup populer juga di Lombok. Salah satunya yang paling terkenal adalah ayam taliwang. Makanan Lombok ini dimasak dengan beberapa pilihan teknik memasak, yaitu digoreng, dipanggang, atau dibakar. Untuk kelezatan yang lebih, pilihlah ayam kampung sebagai bahan dasar masakan ini. Saat ingin menyantapnya, Anda juga bisa memilih bumbu untuk masakan ini, apakah bumbu pelecingan yang penug dengan cabai merah, garam terasi, dan kemiri, atau bumbu pelalah yang menggunakan santan dan sedikit terasi.

Plecing kangkung

Satu lagi makanan populer Lombok yang penuh dengan cita rasa pedas, yaitu plecing kangkung. Makanan Lombok yang satu ini sangat mudah untuk dibuat. Anda hanya perlu merebus kangkung, lalu buatlah sambal plecing dari racikan tomat rebus, cabai rawit, garam, dan terasi. Meski sama-sama kangkung, kangkung khas Lombok memiliki perbedaan dengan kangkung yang ada di pulau Jawa, lho. Jadi, saat Anda membuatnya sendir di rumah dengan kangkung biasa, mungkin rasanya akan beda.

Ares

Ares merupakan salah satu makanan Lombok berbentuk sayur. Uniknya, bahan utama sayur ini adalah pelepah pisang atau gedebong pisang yang masih muda. Selanjutnya, pelepah ini dimasak dengan santan, sehingga menghasilkan cita rasa makanan yang manis sekaligus gurih. Awalnya, masakan ini merupakan makanan tradisional suku Sasak dan hanya disajikan di dalam acara pernikahan. Namun, seiring perkembangan zaman, kudapan in menjadi populer dan masuk ke dalam daftar makanan yang wajib dicoba saat mengunjungi pulau Lombok.

Sate Rembiga

Umumnya, olahan sate bisa menggunakan daging ayam atau daging kambing, tetapi sate khas Lombok, yaitu sate Rembiga menggunakan daging sapi sebagai bahan utama. Sate ini memiliki perpaduan rasa yang sangat kaya, yaitu rasa gurih, manis, sekaligus pedas secara bersamaan. Makanan Lombok ini bisa dinamakn sebagai Sate Rembiga karena tempat kudapan ini berasal, yaitu dari desa Rembiga yang berada di dekat bekas bandara Selaparang. Bagi Anda yang menyukai olahan daging sapi, mungkin makanan Lombok ini sangat cocok untuk Anda coba saat menyambangi pulau ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *