Makanan Khas Bali Favorit Para Wisatawan

makanan khas baliBali sebagai tempat wisata favorit mulai dari orang Indonesia hingga mancanegara. Banyaknya pengunjung membuat warga sekitar berfikir untuk membuka banyak peluang usaha salah satunya makanan khas Bali. Selain cita rasa dari bumbunya, diracik dengan rempah dan khas rasa pedas yang ditawarkan dari makanan di sana. Bagi Anda yang sudah mengunjungi Bali, apakah makanan di bawah ini sudah pernah  Anda coba?

1. Sate Lilit

Anak-anak hingga dewasa sangat menyukai makanan khas Bali satu ini yaitu sate lilit. Sate daging ikan dihaluskan kemudian diberi tepung dan bumbu rempah khusus lalu dibakar olahan dimasak menggunakan bara api. Aroma batang serai yang kental serta rasa manis, pedas dan gurih akan memanjakan lidah Anda. Selain ikan, Anda juga bisa menikmati sate lilit menggunakan daging ayam, bebek dan sapi. Tidak perlu susah payah berkeliling Bali, karena Anda bisa menemukannya di Pasar Sukawati Gianyar.

2. Lawar Kuwir

Nama makanan ini beragam sesuai dengan daging yang digunakan misalnya Anda ingin daging sapi, maka pesanlah Lawar Sapi, begitu pun dengan jenis daging lainnya. Jenis daging cincang yang biasa digunakan seperti daging ayam, daging bebek, daging sapi dan daging babi. Dengan paduan sayur-sayuran dan resep turun temurun menjadikan makanan ini selalu diminati.  Untuk beberapa restoran ada yang menyajikan dengan darah daging yang digunakan dan sudah terbiasa untuk menjadi hidangan saat di rumah atau tempat makan di Bali. Lawar Kuwir tidak bisa dibiarkan terlalu lama dalam keadaan udara terbuk, maksimal setengah hari agar masih bisa disantap.

3. Jukut Ares

Jukut Ares adalah sebutan untuk makanan sayur batang pisang dengan kuah yang lezat. Dengan campuran tulang ayam, bebek, babi dan sapi untuk memperkuat rasa yang diberikan. Makanan ini cukup populer karena sering digunakan sebagai hidangan upacara keagamaan. Terkenal juga dengan bumbu lengkap yang dinamakan bumbu base genep dan base gede yang membuat jukut ares semakin nikmat. Anda bisa menemukannya di setiap warung makan secara mudah.

4. Tipat Blayag

Apakah Anda masih asing dengan Tipat Blayag? Asal Tipat Blayag dibuat dari Desa Pagetan, Kecamatan Buleleng. Sajian ini berbentuk ketupat, telur, taoge dan daging ayam suwir, dilengkapi dengan kuah santan dan pelengkapnya sambal. Semakin gurih dengan taburan bawang goreng dan kacang goreng. Cocok untuk menemani Anda saat lelah seharian berkeliling daerah Bali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *