Makanan Tradisional Korea yang Wajib Dicoba!

makanan tradisional koreaSudah banyak restoran Korea tersebar di Indonesia terutama daerah perkotaan. Maka dapat dikatakan banyaknya sebagian masyarakat kita sudah mengetahui bahkan memilih makanan tradisional Korea menjadi menu favorit. Bila berkunjung ke negara tersebut, Anda akan menemukan jenis makanan dari hidangan istana hingga daerah dan dengan teknik berbeda. Ciri khas lain dari masakan mereka menggunakan minyak bumbu wijen, saus asli Korea. Berikut beberapa menu yang wajib Anda coba.

1. Bimbimbap

Bimbimbap adalah salah satu makanan yang disukai oleh lidah orang Indonesia terbukti dengan selalu adanya menu ini pada restoran Korea. Dengan semangkuk nasi dan lauk pada bagian atas berupa sayur, telur, daging sapi dan sentuhan saus pedas dengan sebutan gochujang. Tidak lupa minyak wijen akan dimasukkan sebelum nasi. Cara itu digunakan karena akan memberikan wangi harum dan lapisan kerak yang garing di dasar mangkuk batu panas.

2. Samgyetang

Sup ayam ginseng dengan bumbu merica dan garam yang selalu menjadi pilihan tepat untuk menghangatkan tubuh. Selain enak makanan tradisional Korea ini memiliki banyak kandungan gizi yang baik untuk tubuh. Kuah yang digunakan telah direbus dengan tanaman obat dan telah terpecaya bisa mencegah penyakit. Sajian ini sering dikonsumsi saat hari istimewa berlangsung seperti musim panas yaitu jungbok, malbok, chobok. Hari-hari tersebut puncak udara di Korea sedang panas dan mereka percaya dengan sup samgyetang akan emnambah semangat dan menjadi tidak lemas.

2. Dakjuk

Bahan utama dari Dakjuk adalah beras, bawang putih, dan daging ayam. Untuk memasaknya, pisahkan rebusan antara daging ayam dengan bawang merah dan bawang putih. Sama seperti membuat bubur, menu ini memiliki tekstur lembut dan kental dengan rasa bawang putih yang kuat. Rasanya yang gurih dan tidak pedas serta mudah dicerna oleh tubuh membuat makanan ini sangat disukai oleh anak-anak dan orangtua di Korea.

3. Japchae

Bentuknya seperti mie soun dan dilengkapi dengan sayuran serta daging sapi yang sudah dipotong kecil-kecil memanjang. Dengan teknik yang agak ribet karena harus memisahkan bahan secara terpisaj saat ditumis agar rasa dan aroma tidak tercampur satu sama lain. Dalam mie tersebut Anda akan menemukan sayuran seperti wortel, jamur shitake, paprika dan bawang bombay. Daging sapi akan ditumis dengan minyak wijen, kecap asin, bawang putih dan gula pasir. Setelah itu semua bahan dicampur dan ditambahkan irisan cabai serta taburan wijen.

4. Soondubu Jiggae

Bagi penyuka seafood, soondubu menggunakan bahan tiram, udang dan remis. Orang asli Korea akan memasaknya menggunakan gerabah lalu memasukkan beberapa bahan potongan sayuran berupa jamur, daun bawang, dan saat disajikan agar lebih nikmat maka ditaburi bumbu cabai serta bawang. Menggunakan bahan utama tahu dan berbeda dengan sup lainnya karena lebih kental dari sup tetapi lebih encer daripada bubur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *