Manfaat Lain Bumbu Dapur Khas Indonesia

Saat hendak masak, Anda pasti membutuhkan berbagai bumbu masakan, apa lagi jika yang Anda masak adalah makanan khas Indonesia yang penuh dengan bumbu. Selain sebagai penyedap rasa, ternyata bumbu-bumbu ini memiliki manfaat lain untuk tubuh Anda, lho. Di artikel ini akan dirangkum bumbu dapur apa saja yang bermanfaat untuk tubuh Anda.

Asam Jawa

Asam jawa adalah buah yang rasanya masam, biasanya digunakan untuk bumbu masakan atau perasa asam alami pada makanan, contohnya ialah sayur asem dan pindang bandeng. Selain sebagai penyegar pada masakan, bumbu dapur yang satu ini juga bisa membantu Anda menjaga kesehatan tubuh, mulai dari pencernaan, jantung, berat badan, diabetes, hingga kekebalan tubuh. Untuk mengonsumsinya, Anda bisa merendam buah Asem ke dalam air hangat, dan Anda bisa langsung meminum air tersebut..

Daun Salam

Daun salam merupakan salah satu jenis daun yang biasanya dimanfaatkan sebagai campuran bumbu ketika memasak. Bumbu dapur yang satu ini memiliki aroma yang wangi, sehingga dapat membuat aroma masakan lebih kuat dan mengundang selera. Selain digunakan di dalam masakan, daun ini bisa memutuhkan gigi Anda, menurunkan kadar kolesterol jahat dan diabetes pada tubuh Anda, hingga mengatusi mabuk alkohol. Sama seperti asem jawa, untuk mengonsumsi daun salam, Anda hanya perlu merebusnya, lalu air rebusan tersebut Anda minum secara rutin. Denagn begitu, Anda akan merasakan hasil dari pengobatan alternatif ini.

Kencur

Di Indonesia, kencur dikenal dengan nama yang berbeda-beda, misalnya di Jawa Barat populer dengan sebutan cikur, sementara di Bali dinamai cekuh, dan di Sumba, bumbu dapur ini disebut dengan sebutan cekir. Meski memiliki nama yang berbeda, bumbu yang satu ini memiliki manfaat yang sama, yaitu berfungsi sebagai penyedap masakan. Bukan hanya itu, kencur juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan Anda, yaitu obat masuk angin, menghilangkan darah kotor, obat batuk, obat radang lambung, hingga obat keseleo.

Daun Ketumbar

Ketumbar biasanya dijadikan sebagai bumbu tambahan saat ingin menggoreng tempe atau memasak makanan Indonsia lainnya. Tetapi, apakah Anda tahu bahwa daun ketumbar juga memiliki fungsi penyedap di dapur? Daun ini bentuknya hampir menyerupai peterseli dan seledri, bedanya, bentuk daunnya lebih bundar dibandingkan kedua daun tersebut. Meski bentuknya mirip, daun ketumbar memiliki manfaat lebih, yaitu bisa dimanfaatkan sebagai obat anti kanker, mengobati peradangan kulit, menjaga kesehatan kulit, hingga mengatasi diare. Mungkin, Anda bisa menyimpan beberapa bumbu dapur  ini di dapur Anda sebagai pesediaan,

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *