Manfaat Membeli dan Mencintai Produk Lokal

Banyak orang percaya jika harga barang sebanding dengan kualitasnya. Jika harga barang mahal, maka kualitas barang akan sangat baik. Hadirnya mitos ini di tengah masyarakat membuat mereka berpikir bahwa barang-barang premium yang datang dari luar negeri memiliki kualitas paling baik di bandingkan produk lokasl. Faktanya, banyak produk nasional yang memiliki kualitas setara dengan barang branded di luar sana. Bahkan, kualitasnya mampu melebihi brand-brand tersebut. Hadirnya kenyataan ini membuktikan bahwa Anda harus mencoba berbagai produk asal Indonesia. Selain memberikan keuntungan bagi penjual, membeli produk ini bisa memberikan manfaat lain yang mungkin tidak Anda ketahui. Kira-kira apa saja manfaat lain dari pembelian produk lokal? Simak informasinya berikut ini.

1. Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat

Sebuah perusahaan membutuhkan karyawan untuk memproduksi produknya. Para karyawan akan terus mendapatkan gajinya jika produk yang diproduksi oleh perusahaan aku terjual. Secara tidak langsung, ketika membeli produk lokal Anda telah membantu para karyawan untuk mendapatkan gaji mereka. Dengan kata lain, Anda telah berhasil membantu menyejahterakan para karyawan.

2. Meningkatkan Jumlah Lapangan Pekerjaan

Semakin lakunya produk lokal membuat barang jual harus diproduksi lebih banyak daripada sebelumnya. Semakin banyak barang yang di produksi, maka semakin banyak kebutuhan perusahaan untuk menambah karyawan. Dengan begitu, akan banyak perusahaan yang akan membuka space untuk karyawan baru. Cukup memiliki efek domino yang positif bukan?

3. Memberikan Pundi-Pundi Uang Kepada Negara

Seperti yang telah diketahui, pendapatan negara akan meningkat ketika Indonesia melalukan ekspor ke negara-negara di luar sana. Lalu, para importir akan membayar produk lokal tersebut dalam bentuk dollar, otomatis uang tersebut akan ditukarkan oleh para pengusaha ke bank. Secara otomatis, dengan melakukan penukaran mata uang tersebut dapat menjadi cadangan devisa bagi negara ini.

4. Mempengaruhi Pendapatan Nasional

Pendapatan nasional menjadi salah satu indikator kesuksesan ekonomi sebuah negara. Dengan pendapatan yang tinggi menandakan apakah rakyatnya sejahatera atau sebaliknya. Pendapatan ini dihitung dari total nilai produksi dan jasa yang dihasilkan oleh perusahaan yang ada di Indonesia. Semakin tinggi nilai prouksi perusahaan, khususnya produk lokal, maka akan semakin tinggi pula nilai pendapatan nasional Indonesia. Dengan begitu, Indonesia akan pindah posisi dari negara berkembang menjadi negara maju, bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *