Tips Berlibur ala Backpacker ke Bali

tips berliburSaat mendengar kata Bali, pasti kamu langsung memikir destinasi liburan. Bagaimana tidak, Pulau Dewata memang sudah dikenal tempat untuk berlibur bagi para wisatawan lokal maupun mancanegara. Karena itu, Bali adalah destinasi yang cukup mahal untuk dikunjungi. Namun, kamu tidak perlu khawatir lagi. Pasalnya, ada tips berlibur untuk kamu yang mau liburan hemat di bali, yaitu ala backpacker. Berikut adalah tips berlibur yang bisa kamu coba.

1. Low season vs. Peak season

Sudah jadi rahasia umum kalau semakin tinggi permintaan, makin semakin tinggi pula penewaran. Begitu pula dalam dunia travel, jangan kaget jika kamu menemukan harga tiket, tak heran jika harganya sangat mahal di masa liburan. Tentunya kamu tidak ingin mengeluarkan budget yang mahal, maka itu sebaiknya hindari berlibur ke Bali. Selain bisa menekan anggaran, kamu sebenarnya bisa lebih puas eksplor berbagai destinasi wisata di sini. Salah satu tips berlibur ke pulau tersebut adalah rajin mencari promo tiket pulang-pergi maupun promo hotel di Bali.

2. Pilih Perjalanan Darat

Memilih pesawat sebagai transportasi memang cukup menguras bujet liburan. Karena itu, mayoritas para backpacker memilih menggunakan beberapa moda transportasi umum darat untuk sekali perjalanan. Walaupun ini akan memakan waktu yang cukup lama, ini adalah tips berlibur murah dan memangkas ongkos perjalanan cukup banyak. Dari Jakarta, gunakan kereta tujuan ke Surabaya Pasar Turi dan harga tiketnya mulai dari Rp 150.000. Setelah itu, kamu dapat melanjutkan perjalanan dengan kereta api jurusan Surabaya Gubeng ke Banyuwangi Baru dengan harga kurang lebih Rp 56.000. Saat kamu tiba di Stasiun Banyuwangi Baru, kamu bisa berjalan kaki atau naik ojek menuju Pelabuhan Ketapang. Untuk menyebrang ke Bali, kamu harus bayar sebesar Rp6.000 dan penyebrangan akan memakan waktu selama 1 jam menuju Pelabuhan Gilimanuk. Dari situ, kamu bisa naik bus dengan biaya sekitar Rp35.000 menuju Terminal Ubung, Denpasar.

3. Tentukan Destinasi Dengan Matang

Menikmati alam di Pulau Bali sebenarnya tidak memerlukan biaya yang mahal. Ada banyak pantai indah yang bisa kamu kunjungi secara gratis. Selain bisa menikmati suasana pantai, kamu pun bisa melihat indahnya matahari terbit maupun matahari terbenam. Pantai-pantai deretan di selatan yang wajib kamu kunjungi adalah Pantai Sanur, Kuta, Pantai Kelan dan Karma Kandara yang berada dekat bandara. Keesokannya, kamu bisa mengunjungi kawasan Nusa Dua untuk menyambangi pantai-pantai bagus seperti Pantai Mengiat dan Pantai Geger secara gratis. Di sini, kamu pun bisa menikmati deburan ombak di atas dermaga, tepatnya di pinggir karang Water Blow.

4. Pintar Cari Tempat Makan

Tips berlibur berikutnya adalah destinasi untuk makan. Bali tak selalu menyajikan sensasi kuliner dengan harga mahal. Banyak tempat makan murah yang cocok bagi para wisatawan budget. Ada tempat bernama Warung Nasi Ayam Kedawetan Ibu Mangku yang mempunyai beberapa cabang seperti Ubud, Seminyak, dan Denpasar.  Dengan harga sekitar Rp.20.000 per porsi, kamu sudah dapat nasi campur lengkap dengan sate lilit, telur pindang, ayam, sambal, dan sayur lawar. Bagi yang sedang berkunjung ke Denpasar utara, kamu juga bisa mampir ke Warung Sate Plecing Arjuna yang menjual sate dengan saus campuran sambal plecing yang dijual sekitar Rp20.000.

Tips berlibur tersebut adalah buat kamu yang ingin ke Bali tapi ingin hemat juga. Maka itu, tempat-tempat di daftar ini akan sangat membantu kamu yang ingin menikmati liburan ke Bali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *