Tips Mempersiapkan Hari Tua

hari tuaSiapa yang tidak ingin memiliki masa tua yang indah? Sebagian dari Anda mungkin sudah mulai memikirkan atau bahkan mendiskusikan hari tua secara matang bersama pasangan. Setiap hal baik yang kita tanam sejak dini, akan berbuah manis dikemudian hari. Jangan sampai ketika Anda sudah menua akan menyulitkan keluarga atau orang terdekat. Anda juga perlu memperhatikan segala persiapan dana pensiun. Berikut beberapa tips yang bisa Anda coba dari sekarang.

1. Nikmati Masa Menabung

Tidak semua orang bisa menabung dengan mudah. Perlu adanya effort agar orang tersebut bisa menyisihkan sebagian uangnya untuk ditabung. Demi mendapatkan hari tua yang indah maka masa menabung akan terasa jauh lebih ringan. Usahakan Anda memiliki cara tersendiri agar tujuan menabung Anda dapat dengan mudah dijalani. Menabung bisa dilakukan dengan menyisihkan pengeluaran perhari atau menyimpan berapa persen dari gaji yang Anda dapatkan.

2. Membuat Rencana Pengeluaran

Ketika Anda memiliki rencana pengeluaran yang baik, tentu membantu Anda menghilangkan ketakutan terhadap masalah keuangan di hari tua. Manfaatkan masa muda Anda untuk mencapai hari tua dengan membuat rencana pengeluaran. Hal tersebut adalah bentuk menghargai kerja keras yang sudah Anda lakukan. Bisa dimulai dengan mencatat pengeluaran 3 bulan sebelumnya agar bisa dipertimbangkan pada bulan selanjutnya. Catatan tersebut untuk mengetahui tipe seperti apa Anda dalam menggunakan uang, apakah untuk fashion, kuliner, hobi dan lain sebagainya.

3. Investasi

Selain pentingnya menabung perlu juga melakukan investasi dalam memupuk benih untuk mempersiapkan hari tua Anda. Jenis investasi yang bisa dilakukan seperti reksadana, menanam saham, bisnis properti, membeli emas batangan hingga menyimpan uang dengan deposito. Jika ingin mencoba investasi terkini Anda bisa menggunakan peer to peer lending. Semakin tinggi tingkat resikoyan Anda ambil, semakin besar imbal balik yang didapatkan.

4. Menjaga Kesehatan

Tips terakhir ini terkesan sederhana, tetapi bila diperhatikan akan sangat bermanfaat untuk menikmati masa pensiun Anda. Menjaga kesehatan di masa muda dengan pola makan yang teratur, mengkonsumsi makanan yang lebih sehat, pola tidur yang baik dan paling penting menyempatkan diri untuk berolahraga. Semua itu dilakukan demi mengurangi resiko timbulnya penyakit di usia tua seperti penyakit jantung, diabetes, tekanan darah tinggi dan lain-lain. Sebelum Anda menyesal, menjaga kesehatan akan memberikan dampak yang menguntungkan bagi masa depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *