Usaha Daur Ulang Yang Menguntungkan

Ada banyak ide dan cara untuk memulai usaha dengan modal kecil, salah satunya dengan memanfaatkan barang bekas yang ada disekitar Anda. Selain murah, dengan memanfaatkan barang bekas Anda bisa membantu para pemulung dan pengumpul bahan daur ulang menjual hasil kerja payah mereka. Hanya dengan modal kecil, di tambah sentuhan kreativitas, usaha daur ulang Anda akan berjalan lancar.

Selain menjaga lingkungan dengan mendaur ulang barang-barang bekas, ternyata bisnis ini bisa memberikan keuntungan yang cukup mengiurkan. Dari sekian banyak usaha daur ulang yang berikut beberapa usaha yang bisa memberikan keutungan lebih untuk Anda. Simak di sini, yuk!

Botol plastik bekas

Setelah menghabiskan minuman botol yang Anda beli, mungki Anda langsung membuang kemasan tersebut, kan? Nah, barang yang Anda anggap sampah ini ternyata bisa digunakan sebagai bahan baku usaha daur ulang. Dari botol bekas ini, para pengusaha daur ulang akan menyulap sampah ini ke dalam produk yang lebih berguna seperti tempat pensil, pot tanaman, kipas plastik, hingga bangku yang unik.

Selain di sulap ke dalam benda dengan fungsi baru, botol-botol bekas ini bisa dilebur dan dibuat menjadi biji-biji plastik. Biji plastik ini nantinya akan dijual kembali dengan harga tinggi ke industry lain yang memang membutuhkan, seperti pabrik pembuat bangku plastik.

Kertas dan koran bekas

Apa yang Anda lakukan kepada koran-koran yang telah selesai Anda baca? Apakah dibuang atau dibiarkan tergeletak digudang. Dari pada dibuat menganggur, lebih baik koran dan kertas bekas ini disumbangkan ke usaha daur ulang kertas. Kertas-kertas ini nantinya akan dibuat menjadi benda baru seperti topeng kertas, gips, bahkan berubah menjadi kertas daur ulang baru yang bisa dimanfaatkan kembali.

Kain perca

Jika Anda hobi menjahit, mungkin Anda tidak asing lagi dengan kain-kain sisa yang tidak terpakai atau lebih dikenal dengan kain perca. Untuk sebagian orang, kain perca berguna sebagai bahan baku usaha daur ulang mereka. Kain-kain ini nantinya dijadikan sebagai baha baku untuk membuat keset, kain taplak, selimut, hingga tas kain perca. Meski terbuat dari barang bekas, produk-produk dari kain perca ini memiliki nilai jual yang cukup tinggi. Bahkan banyak konsumen yang menyukai keabstrakan produk kain perca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *