Wisata Kuliner Enak Khas Semarang

wisata kulinerApakah kam tahu bahwa Semarang dikenal sebagai salah satu pusat kuliner di Indonesia? Di tahun 2015, Kementerian Pariwisata menetapkan Semarang sebagai salah satu wisata kuliner yang terbaik di Indonesia. Beragam makanan khas dengan cita rasa yang terkenal enak mampu menarik perhatian wisatawan. Banyak wisatawan yang menjadikan wisata kuliner sebagai aktivitas yang harus mereka lakukan saat liburan ke Semarang. Ada banyak macam makanan di Semarang dan banyak wisatawan bilang kelezatan makanan yang di Semarang dan sulit ditemukan di tempat lain. Yuk, simak daftar wisata kuliner yang wajib kamu coba.

1. Mie Siang Kie, Kuliner Enak zaman Belanda

Bagi kamu yang suka mi, kamu harus mampir ke Mie Siang Kie di Gang Lombok No 10, kawasan Pecinan Semarang. Di kedai mi yang sudah ada sejak zaman Belanda ini, kamu akan menemukan mi yang disertai daging babi. Meskipun tempat kuliner wisata tersebut di kedai sederhana, Siang Kie selalu ramai dikunjungi warga lokal maupun wisatawan, terutama saat jam makan siang dan malam. Menu bakmi yang terfavorit oleh pecinta kuliner adalah mi pangsit godok, yaitu mi rebus. Seporsi bakmi tersebut berisi mi dengan potongan ayam, telur dadar suwir, kekian, dan pangsit rebus yang disajikan bersama semangkuk kuah kaldu. Terdengar enak, kan?

2. Restoran Pesta Keboen

Menikmati makanan tradisional yang legendaris tak harus di pasar atau pinggir jalan. Kamu bisa menkunjungi Restoran Pesta Keboen yang menawarkan aneka menu khas Indonesia dan Belanda. Ada lumpia, gudeg, nasi pecel, macaroni schotel, sup kacang merah, nasi uduk Betawi, dan sebagainya. Setiap pengunjung, mereka akan mendapatkan jamu beras kencur dan keripik singkong. Tempat ini terletak di Jalan Veteran 29. Model restoran tersebut adalah sebuah rumah kuno peninggalan zaman Belanda yang diubah menjadi restoran yang unik. Saat memasuki ruangan, kamu akan dikelilingi barang antik yang dihiasi di setiap sudut ruang.

3. Ayam Goreng Pakne Heksa

Ayam goreng adalah makanan yang disukai banyak orang. Walaupun banyak yang menjual ayam goreng, Pakne Heksa adalah tempat wisata kuliner yang di bilang paling enak dan murah. Tekstur ayamnya lembut dan memiliki rasa yang gurih, serta dipadukan dengan bumbu rempah ayamnya yang lezat dijamin bakal membuat kamu nambah lagi. Ada menu lain seperti lele, bebek, burung dara goreng dan udang. Warung ini terkenal dengan sambalnya juga yang langsung disajikan di atas cobek. Pingin kamu cicipi, kan? Warung ini terletak di Taman Kuliner Ventura, Jalan Ki Mangunsarkoro No 15.

4. Kampoeng Semawis

Wisata kuliner di kota Semarang memang tiada habisnya. Dari siang hingga malam hari, pasti akan ada pilihan untuk menyoba makanan baru. Kali ini, kamu harus mencicipi aneka jajanan pasar maupun makanan tradisional di pasar malam Kampoeng Semawis. Tempat kuliner ini buka di hari Jumat – Minggu mulai dari jam 18:00, dan harganya murah meriah. Tempat wisata kuliner tersebut berada di Jalan Semawis, kawasan Pecinan. Di sepanjang jalanan ini, kamu bisa menemukan makanan lainnya seperti siomai, bakmi jawa, kebab, es teler, wedang ronde, churros, lumpia, martabak, nasi pecel, dan lainnya.

 

Bagaimana, wisata kuliner di Semarang sangat menarik, kan? Jadi buat kamu yang akan berwisata ke Semarang, jangan lupa untuk berkunjung ke tempat-tempat tersebut dan mencicipi masakan yang sangat terkenal di sana.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *