Yuk! Jaga Kebersihan Diri Sendiri Dengan Cara Ini

Hal-hal kecil yang Anda lakukan seperti mencuci tangan sebelum makan, mencuci gigi sebelum tidur atau memotong kuku adalah hal-hal yang membantu Anda untuk melindungi diri sendiri dari kuman juga bakteri yang bisa menyebabkan penyakit. Kegiatan tersebut memang terlihat sepele tapi sangat bermanfaat bagi Anda. Anda harus tahu menjaga kebersihan diri sendiri agar tidak gampang sakit. Ada beberapa hal yang bisa membantu, simak informasinya di bawah ini. 

Mandi Setiap Hari

Mungkin untuk di negara yang mempunyai 4 musim, mandi setiap hari bukanlah hal yang wajib dilakukan tetapi berbeda dengan di Indonesia yang merupakan negara tropis. Tubuh penduduk Indonesia cenderung lebih gampang berminyak dan lembab yang bisa menyebabkan biang keringat dan jamur. Oleh karena itu mandi sehari sekali sangat dianjurkan bagi masyarakat Indonesia sebagai bentuk kebersihan diri.

Merawat Kuku

Kuku bisa menjadi sarang kuman jika tidak dibersihkan atau dipotong jika sudah panjang. Kuman dan bakteri akan menumpuk di dalam kuku dan bisa menyebabkan infeksi penyakit. Karena jika mempunyai kuku yang panjang untuk dijaga kebersihannya dengan cara mencuci sela-sela kuku dengan air dan sabun sampai bersih, tidak merobek dan menggigit kuku karena akan membuat kuku menjadi terlihat jelek dan bahaya jika potongan kuku termakan, jika kuku terasa sudah terlalu panjang potonglah dengan menggunakan gunting kuku yang bersih. Cara ini bisa merawat kebersihan diri dari bahaya penyakit.

Sikat Gigi Saat Pagi dan Malam Hari

Kebanyakan orang Indonesia hanya menyikat giginya saat pagi hari saja sebelum beraktivitas. Masih banyak yang melupakan sikat gigi saat malam hari sebelum tidur. Padahal ketika tidur itulah kuman dan bakteri sisa makanan yang masih ada pada gigi beraksi dan bisa membuat gigi terasa sakit dan bahkan bolong-bolong. Untuk menjaga kebersihan diri, mulailah membiasakan menggosok gigi saat malam hari sebelum tidur agar gigi tetap sehat terjaga.

Di atas beberapa cara untuk melakukan kebersihan diri. Memang sudah menjadi kewajiban untuk tahu dan mempraktekannya agar tubuh selalu terjaga dan sehat selalu. Selanjutnya bisa baca di artikel ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *