Perlindungan Kulit Menggunakan Tabir Surya yang Tepat

Pasti kamu sudah sering mendengar tips dan trik seputar kesehatan kulit yang menganjurkan kita untuk rajin menggunakan sunscreen setiap hari agar kulit tetap sehat. Tentu ini ada benarnya, karena paparan sinar UV yang terlalu lama akan membuat kulit kamu riskan terkena kondisi sunburn atau lebih parahnya lagi bisa terkena kanker kulit. Dengan begitu, menggunakan sunscreen merupakan salah satu solusi yang bisa kamu gunakan untuk memberikan perlindungan kulit yang esktra. 

Tetapi sebelum itu, kamu juga harus mengenal istilah SPF yang biasanya tertera jelas di setiap produk sunscreen. Nah, SPF sendiri merupakan singkatan dari Sun Protection Factor yang menjadi indikator seberapa baik sunscreen yang kamu pilih akan melindungi kamu dari sinar UV matahari. Untuk mengenal lebih lanjut apa saja fungsi SPF, berikut penjelasannya. 

SPF 30

Sama seperti yang telah diterangkan di atas, angka/tingkat SPF ialah pemasti berapa lama kamu dapat ada di bawah cahaya matahari tanpa terbakar sepanjang menggunakan produk itu. Tujuannya, bila kamu memakai SPF 30, sementara kulit kamu umumnya terbakar matahari dalam kurun waktu 10 menit (tanpa menggunakan cream pelindung), karena itu sunscreen itu dapat membuat perlindungan kamu dari pancaran cahaya matahari sampai 30 kali lipat semakin lama, atau 30 x 10 menit = 300 menit alias 5 jam.

SPF 50

Sama dengan SPF 30, SPF 50 memiliki arti cream tabir surya itu dapat membuat perlindungan kulitmu 50 kali lipat semakin lama, atau 50 x 10 menit = 500 menit atau sekitaran 8 jam. Disamping itu, SPF 50 bisa juga membuat perlindungan kulit dari cahaya UVB sebesar 98 %.

Makin tinggi angka SPF dalam tabir surya akan makin bagus di dalam membuat perlindungan kulit, namun harus diingat, baik belum pasti maksimal. Yaitu penggunaan tabir surya sesuai yang disarankan.

Nah setelah mengenal lebih jauh tentang sunscreen dan kriteria SPF yang baik, sekarang kamu bisa memilih produk yang sesuai dengan kamu ya. Oh iya, sedikit tips dari kami, dianjurkan untuk memilih sunscreen yang sesuai dengan jenis kulit kamu ya. Karena ini akan berpengaruh besar terhadap kesehatan kulit dan efektivitas dari sunscreen itu sendiri. 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *